riau24 Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Wilayah Akan Perketat Pengurusan Perumnas | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Minimnya Fasilitas Perumahan

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Wilayah Akan Perketat Pengurusan Perumnas

0
Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Wilayah Akan Perketat Pengurusan Perumnas
Berita Riau -  Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Wilayah Akan Perketat Pengurusan Perumnas
Kuansing, Riau24.com – Para developer maupun perorangan yang hendak mengurus perizinan untuk membangun Perumahan Nasional (Perumnas), maka Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Wilayah (CKTR) bakal memperketat dan akan melihat penataan ruang oleh tim Tata Bangunan Gedung (TABG).

Sebab tim TABG yang telah dibentuk dan telah diberikan Surat Keputusan (SK) oleh Bupati Kuansing, maka tim tersebut diminta untuk lebih pro aktif dalam memantau dan melihat setiap developer yang hendak membangun perumnas. Karena pihak pengembang harus memiliki penataan ruang terlebih dahulu.

“Selama ini pihak developer maupun pengembang sering mengabaikan masalah penataan ruang, seperti fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos),” ungkap Kepala  Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Wilayah (CKTR) Kabupaten Kuantan Singingi, H. Azwan, S. Sos, ST ketika dihubungi Riau24.com.


Developer Wajib Sediakan Fasum dan Fasos


Menurutnya, jika pihak developer maupun pengembang tidak menyediakan fasum dan fasos, tentu akan merugikan pihak konsumen yang dikemudian hari dapat menuntut pihak pengembang.

Makanya sebelum diberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka tim TABG yang telah dibentuk akan melakukan survey terlebih dahulu.


“Jangan sampai dikemudian hari pihak konsumen menuntut pihak pengembang, dan itu juga salah satu syarat untuk mendapatkan modal usaha dari pihak bank,” paparnya.

Fasum dan Fasos tersebut sangat penting sekali dan harus disediakan oleh pihak pengembang baik untuk kegiatan olahraga, tempat pembuangan limbah, maupun untuk rumah ibadah seperti masjid Dan mushalla.

“Jadi dalam membangun setiap perumnas, harus jelas peruntukkannya. Serta tata ruang dan jangan sampai hanya mendirikan perumnas akan tetapi mengabaikan fasum dan fasos,” tukasnya.  (***)


R24/zar 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam