riau24 Kejari Terima Mobdin Dari Pemko, FITRA: Tidak Etis | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Kejari Terima Mobdin Dari Pemko, FITRA: Tidak Etis

0
Foto: net
Berita Riau -  Kejari Terima Mobdin Dari Pemko, FITRA: Tidak Etis

Pekanbaru, Riau24.com- Forum Indonesia untuk Trasparansi Anggaran (FITRA) mengatakan pemberian mobil dinas dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru akan mempengaruhi independensi kinerja penegak hukum sehingga sangat tidak etis dan tidak wajar.


Meski begitu, Koordinator FITRA, Usman menjelaskan pemberian mobil dinas tersebut sebenarnya diperbolehkan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Pasal 26 Ayat 2 PMK Nomor 168 Tahun 2008, Surat Edaran Mendagri Nomor 2667 Tahun 2007 dan PP Nomor 2 Tahun 2012 Ayat 16. Seluruhnya berisikan mekanisme hibah APBD yang mendukung lembaga vertikal.


"Tetapi aturan-aturan tersebut sangat bertentangan dengan semangat efisiensi anggaran daerah alias membebani keuangan daerah. Sebenarnya lembaga seperti kejaksaan dan kepolisian tersebut lembaga vertikal dan anggarannya ada di APBN dan tidak ada kewajiban dari pemerintah daerah, meski di aturan tersebut diperbolehkan," jelas Usman kepada Riau24.com, Senin (31/10/2016).


Usman menilai, pemberian hibah tersebut akan mempengaruhi independensi kinerja penegak hukum. "Sehingga sangat tidak etis dan tidak wajar. Padahal masih banyak persoalan penting yang mesti dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal alokasi anggaran. Dan memberikan hibah mobil kepada kejaksaan itu bukan hal yang prioritas," tegasnya.


Lebih lanjut, Usman juga membeberkan ternyata hibah dari Pemko kepada lembaga vertikal ini tak hanya diberikan pada kejaksaan saja.


"Bukan hanya ini, tapi pembangunan gedung Polresta Pekanbaru juga dianggarkan," beber Usman.


Untuk diketahui, mobil dinas yang diberikan Pemko Pekanbaru untuk dipakai Kepala Kejari Pekanbaru tersebut adalah mobil Kijang Innova keluaran terbaru.


Namun saat Riau24.com mencoba untuk melakukan klarifikasi pada Kasi Intel Kejari Pekanbaru, Hartono, hingga kini belum mendapat jawaban. Riau24.com mencoba menghubungi Hartono melalui telepon seluler tetapi tidak direspon.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam