riau24 Wakil Bupati Siak Gundah Karena Lahan Gambut | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Penanggulangan Lahan Gambut

Wakil Bupati Siak Gundah Karena Lahan Gambut

0
Perlunya Pemahaman Mengenai Lahan Gambut, JGMR Adakan Workshop
Berita Riau -  Wakil Bupati Siak Gundah Karena Lahan Gambut

Siak, Riau24.com - Memiliki lahan gambut lebih dari 30 persen dari total luas wilayah, menjadi buah simalakama bagi Kabupaten Siak.

Karena jika pengelolaannya tidak tepat, lahan gambut tersebut akan menjadi kawasan rawan banjir di saat musim penghujan.

Namun pada saat musim kemarau, lahan gambut tersebut cenderung mengalami kebakaran hutan, yang bisa menjadi ancaman bagi masyarakat Siak.

Seperti yang diketahui saat ini Kabupaten Siak memiliki lahan gambut 57,44 persen dari total luas wilayah Kabupaten Siak yang mencapai 8.556,09 kilometer persegi.Ketebalannya mencapai antara 3-15 meter.

Kegundahan tentang penanggulangan lahan gambut pernah diutarakan oleh Wakil Bupati Siak, Alfedri saat mengikut Rapat Koordinasi (Rakor) Restorasi Gambut dan Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta tanggal 14 Maret 2016 yang lalu.

"Kita harus bisa menyelamatkan lahan gambut saat ini. Karena kalau kita tidak mampu menyelamatkan Siak dari lahan gambut, saya tidak akan mengetahui seperti apa Siak 50-100 tahun mendatang," katanya.

Demi penyelamatan kawasan gambutlah kata Alfedri, Pemkab Siak sangat konsen menghadirkan tim penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.

"Banyak cara yang kita siapkan untuk mengatasi kebakaran lahan gambut di Siak. Salah satu yang sudah saya lakukan adalah menyiapkan tim reaksi cepat dengan harapan banyak lahan gambut yang bisa lebih cepat terselamatkan," harapnya lagi.   (***)




R24/lin 

 
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam