riau24 Perlunya Pemahaman Mengenai Lahan Gambut, JGMR Adakan Workshop | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Penanggulangan Lahan Gambut

Perlunya Pemahaman Mengenai Lahan Gambut, JGMR Adakan Workshop

0
Perlunya Pemahaman Mengenai Lahan Gambut, JGMR Adakan Workshop
Berita Riau -  Perlunya Pemahaman Mengenai Lahan Gambut, JGMR Adakan Workshop

Siak, Riau24.com - Untuk mengatasi kebakaran lahan gambut yang kian menjadi di wilayah Negeri Istana, membuat Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JGMR) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP), melaksanakan Workshop Perhutanan Sosial dengan tema “Peluang Pengelolaan Hutan Bagi Masyarakat Dengan Skema Perhutanan Sosial di Kabupaten Siak".

Kegiatan yang dilaksanakan Senin pagi (31/10/16), bertempat di Grand Royal Hotel.

Workshop itu dilakukan bertujuan untuk memberikan masyarakat pemahaman dan wawasan agar berpartisipasi dalam pengelolaan lahan gambut.


Wakil Bupati Siak Gundah Karena Lahan Gambut


“Kegiatan ini sangat baik agar masyarakat mengetahui dan mengenal bahaya dari gambut yang tidak terkelola dengan baik” ujar Jamal, Ketua JGMR di awal sambutannya.

Untuk itu Jamal berharap nantinya para penghulu dan tokoh masyarakat dapat mensosialisasikan lebih lanjut pengetahuan yang didapat kepada masyarakat yang tempatan, sehingga dapat berpartisipasi dalam pengelolaan lahan gambut sesuai aturan.

“Ini merupakan suatu perubahan yang baik karena kita tahu Kabupaten Siak ini 30% lebih wilayahnya itu sendiri dari gambut. Jadi perlu kita kelola sedemikian rupa agar gambut ini tidak menjadi ancaman bagi kita melainkan menjadi peluang bagi masyarakat sekitarnya” lanjutnya.

Seperti yang diketahui pemerintah pusat saat ini telah menetapkan kebijakan pengolahan lahan gambut sesuai dengan petunjuk dan aturan yang pemerintah, serta membentuk Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR), khusus di wilayah Kabupaten Siak saat ini diketuai oleh Andi Saputra. (***)

 

R24/lin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam