riau24 Tingkatkan Kesejahteraan Buruh, Gubri Teken Kenaikan UMP Riau 2017 | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Pekanbaru

Tingkatkan Kesejahteraan Buruh, Gubri Teken Kenaikan UMP Riau 2017

0
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Riau, Rasidin
Berita Riau -  Tingkatkan Kesejahteraan Buruh, Gubri Teken Kenaikan UMP Riau 2017

Pekanbaru, Riau24.com- Angin segar berembus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sebab Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman telah resmi teken kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2017 yang sebelumnya sebesar Rp2.095.000 di Kantor Gubernur Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan buruh di Riau.

"UMP Riau sebesar Rp2.266.722,53," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kependudukan Provinsi Riau, Rasidin kepada awak media, Selasa (1/11/16).

Kenaikan UMP ini sesuai dengan perhitungan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2014 pasal 4 ayat 2 tentang pengupahan yang berbunyi Penghasilan yang layak sebagaimana dimaksud diberikan dalam bentuk: a. Upah; dan b. pendapatan non Upah.

Adapun kebijakan pengupahan itu meliputi: a. Upah minimum; b. Upah kerja lembur; c. Upah tidak masuk kerja karena berhalangan; d. Upah tidak masuk kerja karena melakukan kegiatan lain di luar pekerjaannya; e. Upah karena menjalankan hak waktu istirahat kerjanya.

Selain itu juga f. bentuk dan cara pembayaran Upah; g. denda dan potongan Upah; h. hal-hal yang dapat diperhitungkan dengan Upah; i. struktur dan skala pengupahan yang proporsional; j. Upah untuk pembayaran pesangon; dan k. Upah untuk perhitungan pajak penghasilan.

Sebelumnya, Dewan Pengupahan Riau telah melaksanakan rapat kesepakatan pada Jumat (21/10/2016) lalu di kantor Disnakertranduk Riau untuk menetapkan UMP Riau. "Dewan pengupahan ada 28 orang, terdiri dari pemerintah, pengusaha hingga buruh," ucapnya.

Selain PP 78 Tahun 2015 itu. Kata Rasidin, perolehan angka UMP juga didapat berdasarkan perhitungan inflasi nasional sebesar 3,07 persen dan Produk Domestik Bruto 2,18 persen yang dikomperehensi menjadi 8,25 persen.

Penetapan UMP ini bertujuan untuk mendorong motivasi pekerja atau buruh untuk mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan produktivitas guna mencapai jenjang karier yang lebih baik kedepannya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam