riau24 MEA Bukan Masalah Jika Riau Punya Karakter Yang Jelas | Berita Riau
Minggu, 11 Desember 2016

Pekanbaru

MEA Bukan Masalah Jika Riau Punya Karakter Yang Jelas

0
Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Al Azhar
Berita Riau -  MEA Bukan Masalah Jika Riau Punya Karakter Yang Jelas

Pekanbaru, Riau24.com- Berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menjadi kekhawatiran banyak pihak mengenai dampak dari pembauran budaya pendatang ke negeri Bumi Lancang Kuning ditanggapi Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Al Azhar dengan tenang.

Menurutnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait persoalan MEA di Riau ini sebab aktivitas perekonomian antar budaya, khususnya Malaysia dan Riau telah berjalan selama berabad-abad lamanya.

"Saya kalau secara kurtural, dari perspektif kebudayaan, MEA itu tidak ada masalah bagi orang-orang di Riau. Orang-orang Riau ini aktivitas perekonomiannya dengan orang Malaysia sudah berjalan berabad-abad," ungkap Al Azhar kepada awak media, Selasa (1/11/16).

Dikatakannya lagi, yang patut digaris bawahi adalah bagaimana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mempersiapkan generasi muda untuk tidak hanya berperan sebagai konsumen tetapi juga produsen dalam keikutsertaan Riau pada ajang MEA ini.

"Sebenarnya yang menjadi persoalan adalah ada tidak, kita di era modern sekarang, ada tidak diskusi, pembahasan-pembahasan, agenda-agenda untuk mempersiapkan generasi emas yang dia tidak hanya menjadi konsumen dari MEA itu tetapu juga menjadi produsen baik ide-ide maupun dalam aktivitas-aktivitas," kata Al Azhar.

Persoalan lain yang perlu dicermati diatas kekhawatiran pada pembauran budaya tersebut, Indonesia secara umum dan Riau khususnya harus memiliki karakter budaya yang jelas.

"Masalahnya sekarang kita ragu, Singapura jelas karakternya, Malaysia jelas karakternya, Thailand jelas karakternya, semuanya itu persoalan kebudayaan. Kita karakternya apa?," tanya Al Azhar.

Maka dari itu, lanjutnya lagi, perlu kiranya Provinsi Riau membenahi pendidikan yang menjadi pusat dari pembinaan dan pengembangan Sumber daya manusia di Riau.

"Selain itu saya kira, poin dari MEA itu adalah mari kita urus diri kita dengan baik, dengan bekal kebudayaan maka karakter kita akan muncul. Mau MEA tidak ada masalah," tutup Al Azhar.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam