Rabu, 23 April 2014
DKPP berikan sanksi peringatan kepada KPU
0
(R24/Ism/merdeka)
DKPP berikan sanksi peringatan kepada KPU
Jakarta, (Riau24) ---- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbukti melakukan pelanggaran kode etik selama melaksanakan verifikasi administrasi partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2014. Atas pelanggaran itu, DKPP kemudian menjatuhkan sanksi berupa peringatan.

"Menjatuhkan sanksi peringatan kepada para Teradu I atas nama Saudara Husni Kamil Manik sebagai Ketua KPU terhitung sejak dibacakannya putusan ini," ujar Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie membacakan amar putusan dalam sidang di sekretariat DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (21/5).

Putusan ini dijatuhkan oleh enam anggota DKPP yakni Jimly Asshiddiqie , Abdul Bari Azed, Valina Singka Subekti, Nur Hidayat Sardini, Saut Hamonangan Sirait. Namun demikian, putusan yang dijatuhkan pada Senin, 20 Mei 2013 tidak dengan suara bulat.

Jimly mengatakan, terdapat tiga orang anggota yang berbeda pendapat (dissenting opinion), tetapi dia enggan menyebut siapa nama ketiga anggota itu.

"Satu orang anggota berpendapat, menyatakan Teradu I atas nama Saudara Husni Kamil Manik , Saudari Ida Budhiarti, dan Saudara Hadar Nafis Gumay terbukti melanggar kode etik dan harus dijatuhi sanksi pemberhentian tetap, dan empat orang anggota dikenakan sanksi peringatan keras," kata Jimly.

Sedangkan pendapat kedua meminta hanya Husni Kamil Manik saja yang diberhentikan. Untuk pendapat ketiga menyatakan, tidak terjadi pelanggaran kode etik yang dilakukan KPU.

Sebelumnya, pengaduan pelanggaran kode etik ini diajukan oleh enam partai politik yang tidak lolos dalam verifikasi administrasi KPU. Keenam parpol itu adalah Partai Kedaulatan, Partai Pekerja dan Pengusaha Indonesia (PPPI), Partai Republik, Partai Buruh, dan PNI Marhaenisme.(R24/Ism/merdeka)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com