riau24 Lagi, PKS PT MAI Serobot Lahan Warga Rohul | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Rohul

Lagi, PKS PT MAI Serobot Lahan Warga Rohul

0
Rohul
Berita Riau -  Lagi, PKS PT MAI Serobot Lahan Warga Rohul
Pasirpengaraian, Riau24.com- Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Mazuma Agro Indonesia (MAI) diduga kebal huku‎m. PKS PT MAI kembali serobot lahan warga desa Batang Kumu kecamatan Tambusai, Rokan Hulu (Rohul) di Batas Provinsi Riau-Sumatera Utara.
 
“Tadi siang (Jum'at) nyaris bentrok antara masyarakat dengan PT MAI. Kerena mereka mendoser pohon kelapa kami,” ungkap Wakil Ketua Forum Komunikasi Kali Kapuk, Nainggolan.
 
Dijelaskannya, pengerusakan lahan itu sudah dilakukan pihak perusahaan sejak Rabu (2/11/2016) hingga Jumat (4/11/2016). Dan Lahan yang sudah dirusak sekitar 20 Hektar.
 
“Setelah kami menanyakan kepada pihak perusahaan terkait alasan pengerusakan, mereka menjawab sudah mendapatkan izin dari Masyarakat 6 Desa,” kata Nainggolan dan menjelaskan bahwa pihak perusahaan sengaja menyewa preman bayaran yang dipersenjatai parang panjang dan senjata laras panjang rakitan.
 
Atas kejadian itu, lanjut Nainggolan, masyarakat langsung melaporkan ke Kepala Desa Batang Kumu dan Polsek Tambusai untuk menyelesaikan permasalah ini.
 
“Padahal kami dari Masyarakat Kali Kapuk sudah ada kesepakatan dengan masyarakat 6 Desa. Bahwa lahan yang sudah dikelola oleh masyarakat batang kumu tidak masuk ke lahan yang diserahkan oleh 6 Desa ke Perusahaan,” bebernya.
 
Sementara itu, aktivis Team Operasional Penyelematan Asset Negara Republik Indonesia (Topan RI), Lakardius Manalu, menyesalkan karena PT MAI yang tidak mengindahkan intruksi Kapolres Tapanuli Selatan dan Kapolres Rohul yang turun ke lokasi konflik beberapa waktu lalu.
 
“Padahal dua Kapolres sudah mengintruksikan kedua belah pihak untuk menahan diri. Kalau ini kejadiannya, sama saja PT MAI tidak mengindahkan intruksi dua Kapolres, atau mungkin sudah kebal hukum,” tegas Manalu juga Team Monitoring TOPAN RI pusat.‎
 
R24/adi/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam