riau24 PDAM Tirta Siak Merugi Rp6 Miliar Per Tahun | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

PDAM Tirta Siak Merugi Rp6 Miliar Per Tahun

0
Foto: net
Berita Riau -  PDAM Tirta Siak Merugi Rp6 Miliar Per Tahun
Pekanbaru, Riau24.com- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru mengaku tengah mengalami kerugian sebesar Rp6 miliar per tahun karena kehilangan produksi air yang mencapai 60 persen.


"Sudah dua tahun terakhir ini kami selalu merugi karena air banyak hilang. Penyebabnya adalah jaringan pipa PDAM  yang sudah uzur," ungkap Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru, Kemas Yusferi.


Disebabkan kehilangan produksi air itu kata dia, air tidak dapat mengucur dengan maksimal ke rumah pelanggan. Selain itu, juga terdapat faktor lainnya seperti pelanggan nakal, pegawai nakal, pencurian air dan lainnya.


"Susah sekali memerangi kehilangan air karena pipa kita sudah tua, dulunya dipinggir sekarang sudah berpindah ke tengah, ada pelanggan liar, mencuri, pegawai nakal, pipa tua yang bocor kita tidak tahu titiknya," imbuhnya.


Kemas mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kerugian, seperti mendata pelanggan, mengajak pegawai PDAM untuk peduli dengan kebocoran pipa, hingga melaporkan jika ada pelanggan nakal yang mencuri air.


"Namun tanpaknya tidak berhasil juga karena sulit dideteksi pipa mana yang bocor, jaringan mana yang sudah di pindahkan sebab sudah tua," katanya.


Ia mencontohkan seperti yang telah terjadi di Jalan Melur, sudah berulang kali diperbaiki namun tetap bocor. Ini akibat jaringan utama PDAM yang sudah tua karena pertama kali dibangun 1972. 


"Jadi semua jaringan pipa kita sudah tidak layak lagi. Sedangkan untuk membangun jaringan membutuhkan investasi besar. Sementara kita mengalami keterbatasan dana daerah," pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam