riau24 Dampak Terpilihnya Donald Trump Sebagai Presiden AS Bagi Indonesia | Berita Riau
Rabu, 07 Desember 2016

Amerika Akan Jadi Momok Menakutkan

Dampak Terpilihnya Donald Trump Sebagai Presiden AS Bagi Indonesia

0
Dampak Terpilihnya Donald Trump Sebagai Presiden AS Bagi Indonesia
Berita Riau -  Dampak Terpilihnya Donald Trump Sebagai Presiden AS Bagi Indonesia
Jakarta, Riau24.com - Setelah melalui proses kampanya yang panjang dan melelahkan selama berbulan-bulan, akhirnya Amerika Serikat memiliki Presiden baru menggantikan Barrack Obama.

Dan diluar dugaan, ternyata ayah dari Ivana Trump, Donald Trump berhasil memenangkan hati warga Amerika sehingga membuat ia menjadi penguasa di Negeri Adidaya ini.


Baca Juga :
Tega Benar Pria Ini, Cabuli Bocah Sampai...



Kemenangan Trump ini menimbulkan banyak ketakutan bagi negara-negara asing. Hal ini dikarenakan dalam setiap orasinya, Trump dikenal sangat keras dan anti dengan yang namanya Muslim dan imigran.
Seperti salah satu kampanyenya, ia mengatakan akan menolak Muslim masuk ke Amerika, karena menganggap Muslim merupakan bahaya bagi Amerika.

Bagi Indonesia, yang notabene adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, kampanye-kampanye yang dilakukan oleh Trump selama ini tentu sangat menyakitkan hati.

Bahkan 2 Skenario dianggap akan terjadi saat Trump menjadi presiden di negara adikuasa itu, seperti yang dikemukan Kepala Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia (UI), Evi Fitriani, Rabu (09/11/2016).

Skenario pertama, papar Evi, bila Trump benar-benar memegang teguh ucapannya saat kampanye Pilpres AS seperti anti-Islam, rasis, membangun tembok dengan Meksiko dengan membebankan biayanya pada Meksiko, mencegah imigran dan sebagainya, maka Indonesia mungkin akan sulit berhubungan dengan AS.

"Indonesia mungkin dianggap sumber teroris, sumber masalah dan sebagainya. Bila dia tetap pegang ucapannya selama kampanye, mungkin Indonesia tak akan jadi prioritas bagi AS. AS tak akan terlalu banyak menjalin hubungan keluar, lebih mengutamakan dalam negeri. Bantuan luar negeri nggak usah mengharapkan lagi deh. Dont expect too much," paparnya.

Skenario kedua diperkirakan Trump akan melakukan negosiasi kepada kebijakan yang keras seperti membangun tembok dengan Meksiko untuk mencegah masuknya imigran.

Bila Trump berpegang pada skenario pertama, maka Trump dinilai lebih parah dari pada masa George W Bush. Amerika akan menakutkan bagi dunia dan malah jadi musuh bersama.   (***)




R24/dev 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam