riau24 Tersisa Satu Bulan, Realisasi Anggaran Masih 48 Persen | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Realisasi Anggaran

Tersisa Satu Bulan, Realisasi Anggaran Masih 48 Persen

0
Tersisa Satu Bulan, Realisasi Anggaran Masih 48 Persen
Berita Riau -  Tersisa Satu Bulan, Realisasi Anggaran Masih 48 Persen
Riau24.com-Hingga triwulan ke empat Bulan November ini, realisasi anggaran Provinsi Riau di masih berputar diangka 48 persen. Padahal waktu yang dimiliki hanya satu bulan lagi.

Meskipun demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap optimis akhir tahun nanti realisasi anggaran akan berakhir di angka 80 persen.

"Artinya kita optimis, persoalannya kan sekarang secara administrasi saja, kontraktor itu tinggal mencairkan dananya di BPKAD. Karena kan wajib kita bayar tetapi tinggal administrasi saja yang harus diselesaikan menurut aturan yang berlaku. Karena pencairan secara administrasi kan harus betul-betul tuntas,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi beberapa waktu lalu.

Menurutnya tidak ada permasalahan mengenai lambatnya pergerakan realisasi anggaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, karena kontraktor yang bekerja enggan mengambil uang muka dengan alasan strategi keuangan.

“Setelah saya telusuri ternyata masih banyak kontraktor yang belum mengambil uang muka karena itu uangnya baru 48 persen, jadi tidak ada masalah dengan serapan. Mereka enggan mencairkan ung muka karena ada skema baru dari perbankan,” ujar Ahmad Hijazi beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, setiap pengusaha atau kontraktor yang telah memberikan realisasi kerja sebesar 10 persen berhak mencairkan uang muka dengan persyarat yang diajukan oleh perbankan, hanya saja harus disertai jaminan bank. Maka dengan skema baru yang ditawarkan yaitu jika pengusaha menggunakan dana perbankan, tidak perlu menggunakan jaminan.

“Mungkin dari sisi pengusaha, sistem seperti ini lebih menguntungkan. Karena tidak adanya kewajiban memberikan jaminan ke bank. Mereka diperbolehkan menggunakan dana perbankan, nanti ketika proyeknya selesai baru dibayarkan semuanya,” terang Ahmad di Pekanbaru.

Menurutnya, skema inilah yang menyebabkan melambatnya realisasi anggaran Pemprov Riau, meskipun secara fisik terus berjalan. Data terakhir menyebutkan, realisasi fisik Pemprov Riau telah memasuki angkat 81 persen.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam