riau24 Pemprov Riau Anggarkan Rp 1,3 M Untuk Pengembangan Komunitas Adat Terpencil | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Pemprov Riau Anggarkan Rp 1,3 M Untuk Pengembangan Komunitas Adat Terpencil

0
Pemprov Riau
Berita Riau -  Pemprov Riau Anggarkan Rp 1,3 M Untuk Pengembangan Komunitas Adat Terpencil
Pekanbaru-Riau24.com-Program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) selama ini diprioritaskan bagi fakir miskin dan penyandang masalah sosial lainnya, namun ke depan program ini akan menjadi prioritas nasional. Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1,3 M tahun 2015 untuk pengembangan KAT.

Selain itu juga akan dibangun sinergitas antara pusat dan daerah dengan dilakukannya persiapan pemberdayaan KAT Tahun 2016 yang dilaksanakan di Denpasar, Bali‎. Dengan pengembangan ekonomi KAT dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan pertumbuhan ekonomi daerah. .      

Direktur Pemberdayaan KAT Kementerian Sosial RI, Mansur mengharapkan, pengembangan ekonomi dan kesejahteraan KAT dapat menjadi perhatian serius di daerah. Mansur menambahkan, nantinya program pemberdayaan ekonomi KAT mengalami perubahan struktur baik yang dibiayai melalui Dana Dekonsentrasi maupun Tugas Pembantuan.   

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, H Syarifuddin AR MSi yang hadir dalam kegiatan tersebut mendukung secara positif. Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan usulan dalam pengembangan ekonomi KAT di bumi Melayu Lancang Kuning.   

Sebelumnya pemberdayaan KAT merupakan program priorirtas bidang dalam kelompok program pemberdayaan Fakir Miskin, KAT dan Penyandang Masalah Sosial Lainnya. Ke depan, program pemberdayaan KAT ditetapkan sebagai target prioritas nasional.  

Usulan Rp1,3 miliar itu dengan target sasaran 34 KK dengan berlokasi di Desa Sonde Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti. Adapun  Pemberdayaan berupa Pembangunan Rumah Sederhana bagi Warga KAT.   

"Selain itu juga kita rancang program pendukung, seperti bantuan jaminan hidup, bantuan peralatan rumah tangga dan bantuan peralatan kerja. Selain itu akan diberikan bantuan bibit tanaman dan kegiatan positif lainnya," imbuhnya.R24/mrd
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru