riau24 5 Paslon Belum Serahkan SK Pemberhentian Kepada KPU | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pilwako Pekanbaru

5 Paslon Belum Serahkan SK Pemberhentian Kepada KPU

0
Komisioner KPU kota Pekanbaru Mai Andri
Berita Riau -  5 Paslon Belum Serahkan SK Pemberhentian Kepada KPU

Pekanbaru,Riau24.com- 5 Pasangan Calon (paslon) walikota Pekanbaru yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota DPRD Riau belum menyerahkan surat keputusan (SK) pemberhentian dari instansinya.

Ini diungkapkan langsung oleh komisioner KPU kota Pekanbaru Mai Andri Jumat (11/11/16). Ia mengatakan 5 orang itu diantaranya untuk ASN ialah Syahril, Ramli Walid, Irvan Herman, dan Dastrayani Bibra (Ide). Sementara untuk anggota DPRD yaitu Said Usman Abdullah (SUA).

"Kelima calon ini belum menyerahkan kepada kita.Tapi kita tetap menunggu selama 60 hari sejak penetapan yaitu sampai tanggal 23 Desember 2016. Kusus paslon Ide - SUA karena penetapannya tanggal 7 November lantaran adanya sengketa pilkada maka batas akhirnya tanggal 6 Januari 2016,"terangnya.

Diakuinya, SK pemberhentian yang tertuang dalam PKPU no 9 2016, ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi pasangan calon yang menjabat sebagai ASN maupun anggota DPRD. Sebab sanksi bagi yang tidak melengkapinya ialah tidak bisa ikut dalam tahapan pilkada selanjutnya alias gugur. Maka dari itu KPU menghimbau paslon segera menyelesaikannya. Sementara untuk instansi terkait pihaknya juga menghimbau untuk segera menyelesaikan administrasi pemberhentian pasangan Calon, supaya tidak dirugikan.

"Untuk surat pengunduran diri paslon sendiri, kita sudah terima semuanya, namun halnya untuk SK pemberhentian dari instansi terkait belum kita terima, oleh itu kita terus mengingatkan dan mengirim surat baik kepada tim dan pasangan calon maupun di instansi menyelesaikan secepatnya,"katanya

Mai Andri juga menjelaskan meski dalam tahap menunggu, KPU juga telah mendapat kabar dengan telah mengkonformasi bagian Administrasi badan kepegawaian daerah (BKD) provinsi Riau bahwa proses SK pemberhentian ASN dalam waktu dekat ini akan selesai. Seperti Ramli Walid akan selesai hari Senin besok.

"Ramli Senin besok sudah selesai, Syahril selesai seminggu atau dua minggu, kemudian Ide minggu depan sudah selesai, sedangkan untuk Irvan Herman karena dia dosen, SK pemberhentian dari pusat yaitu Kemendikti kita akan meminta timnya untuk memberikan kepastian kapan SK itu bisa diterima,"paparnya.

Selanjutnya SUA sendiri , ia mengatakan belum mendapat kejelasan, dari bagian Tata pemerintahan (Tapen) provinsi Riau.

"Untuk SUA setelah kita konfirmasi kepada bidang tata pemerintahan (Tapem) Riau, yang mengatakan mereka belum menerima surat permohonan pemberhentian SUA dari sekretaris dewan (sekwan) DPRD kota. Sehingga mereka mengaku belum bisa memprosesnya. Kendatipun demikian KPU tetap menghimbau sekwan agar segera memprosesnya secepatnya, "pungkasnya.

Ditambahnya, untuk SUA ini karena ia dilantik sebagai anggota DPRD kota Pekanbaru dengan SK gubernur, maka surat pemberhentian dikeluarkan gubernur.(***)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam