riau24 Gajah Jambi Yang Nyasar ke Peranap Dievakuasi Pakai Truk | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Gajah Sumatera

Gajah Jambi Yang Nyasar ke Peranap Dievakuasi Pakai Truk

0
ilustrasi
Berita Riau -  Gajah Jambi Yang Nyasar ke Peranap Dievakuasi Pakai Truk
Pekanbaru, Riau24.com-  Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) asal hutan Tebo, Jambi yang nyasar ke perkebunan warga di Batang Peranap, Indragiri Hulu Riau akhirnya berhasil dievakuasi. Tim gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah Riau dan Jambi memindahkan sang gajah dengan cara diangkut menggunakan truk untuk dikembalikan ke habitatnya. 
 
Proses evakuasi berjalan lancar," Kata Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Sumber Daya Alam Riau, Munarto, Jumat, 11 November 2016.
 
Munarto mengatakan, proses evakuasi berlangsung selama tiga hari, Senin, 7 November 2016 hingga Rabu, 9 November 2016. Selama hampir sebulan di kawasan perkebunan warga di Batang Peranap, petugas BBKSDA bersama masyarakat sekitar telah melakukan pengawalan agar gajah tersebut tidak masuk pemukiman warga. 
 
Gajah akhirnya berhasil dipancing keluar dari persembunyiannya setelah petugas mengerahkan dua ekor gajah latih dari Balai Pelatihan Gajah, Minas. Gajah akhirnya berhasil digiring ke luar, kemudian dilakukan pembiusan. Gajah kemudian dievakuasi menggunakan truk untuk dibawa ke habitatnya di hutan Tebo, Jambi. 
 
Munarto mengakui gajah dalam keadaan sehat saat dievakuasi, pembiusan dilakukan tidak membuat sang gajah pingsan. Gajah masih bisa berjalan hingga diangkut menggunakan truk. (***)
 
R24/Nof
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam