riau24 Jelang Ground Breaking, 700 Meter Jalan Pemko Masih Bermasalah | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Pekanbaru

Jelang Ground Breaking, 700 Meter Jalan Pemko Masih Bermasalah

0
Asisten III Setdako Pekanbaru, Azmi
Berita Riau -  Jelang Ground Breaking, 700 Meter Jalan Pemko Masih Bermasalah
Pekanbaru, Riau24.com- Jelang ground breaking Tol Pekanbaru-Dumai, 700 meter jalan lingkar luar milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hingga kini masih bermasalah dengan masyarakat terkait status lahan tersebut.


Asisten III Setdako Pekanbaru, Azmi yang ditemui Riau24.com usai menghadiri rapat bersama Sekda Provinsi Riau mengatakan kini lahan itu masih dalam proses penyelesaian dengan pihak masyarakat.


"Kalau yang terkait dengan kota itu ada sekitar 700 meter jalan dari gerbang tol nya ke arah bypass. Kelompok tani disana belum sepenuhnya menyerahkan atau memberikan kepastian kepada Pemko," ujar Azmi, Jumat (11/11/2016).


Azmi menjelaskan, sistem ganti rugi saat ini tidak seperti biasanya, namun menggunakan sistem Konsolidasi Tanah (KT). Sistem KT ini, kata dia, bersifat partisipasi.


Dicontohkannya, dari 100 persen luas tanah yang dimiliki masyarakat, 30 persen akan diserahkan untuk pembuatan jalan tol tersebut.


"Jadi nanti pemerintah mengganti rugi tanaman dan bangunannya. Tapi kalau tanahnya tidak," urainya.


Saat ini, lanjutnya, upaya yang tengah ditempuh untuk menyelesaikan masalah lahan itu yakni dengan melakukan negosiasi dan sosialisasi.


"Upaya kita sedang negosiasi dan sosialisasi. Pendekatan ke masyarakat juga dilakukan oleh camat dan lurah bersama BPN. Mudah-mudahan beberapa hari ini bisa selesai," imbuhnya.


"Rencana kita kan ground breaking tanggal 9 Desember. Untuk yang 700 meter ini Pak Sekda optimis. Ya kami juga optimis," pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam