Kamis, 17 April 2014
Penyebab Terjadinya Badai Tornado Oklahoma
0
foto R24.com
Penyebab Terjadinya Badai Tornado Oklahoma
Riau24.com--Sebuah badai tornado mengerikan terjadi di wilayah Moore, Oklahoma, AS pada Senin (20/5). Apa yang memicu badai tornado berkekuatan dahsyat ini terbentuk?

Badai tornado tersebut dikabarkan membuat mobil tertumpuk satu sama lain, menghancurkan sebuah sekolah dasar dan menewaskan dan melukai sejumlah orang dewasa dan anak-anak.

Para meteorolog memperkirakan bahwa badai tornado berkecepatan 320 km/jam ini disebabkan konvergensi pancaran udara yang sangat kuat dan mematikan.

Badai tornado dahsyat yang diberi skala EF-5 (atau skala terkuat) ini ternyata terbentuk dari serangkaian badai yang juga melahirkan beberapa tornado kecil sebelumnya, seperti dilansir Livescience.

Kondisi ini cukup untuk membentuk badai tornado dahsyat ketika ada udara hangat dan lembab di dekat permukaan, dan udara kering dan dingin yang mendorong udara hangat seperti irisan.

Udara dingin yang berada diatasnya menarik udara hangat di bawahnya untuk naik (karena kurangnya kepadatan). Ketika udara meningkat, air di dalamnya mengembun keluar dan akhirnya terbentuk sebuah awan badai.

Ketika situasi ini digabungkan dengan angin yang mengubah kekuatan dan arah dengan ketinggian di atmosfer, awan tersebut mulai memutar.

Wilayah Oklahoma tepat berada di dekat dengan beberapa angin tercepat dan paling variabel yang terkait dengan badai sebelumnya.

Angin yang bergerak keatas tersebut mendorong angin badai yang berputar horizontal menjadi berputar vertikal, lalu menciptakan corong awan, dan kemudian hujan atau hujan es yang terjadi dalam badai mendorong ekor corong awan yang menyebabkan tornado tersebut menyentuh tanah.

Di kemudian hari, badai tornado dahsyat ini diperkirakan bisa terjadi lagi di wilayah ini seperti catatan sebelumnya.

Badai tornado ini adalah badai tornado keempat yang menyapu wilayah Moore. Badai tornado pertama di Moore terjadi pada 3 Mei 1999 dengan kekuatan yang identik dan menewaskan 36 orang, serta kerugian hingga US$1 miliar.

Tornado serupa juga diketahui pernah melanda wilayah ini pada 8 Mei 2003, dan 10 Mei 2010 silam.


(R24/Ar)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_3ztvd_654.jpg
Saat gairah dan stamina seksual mulai menurun karena berbagai faktor, obat perangsang atau obat kuat pun menjadi pilihan pria untuk meningkatkan kinerja seksual.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_89hjx_656.jpg
Hotel ibis Pekanbaru, yang pada tanggal 1 Mei mendatang genap berusia 10 tahun, tahun ini merayakan hari jadinya dengan cara yang berbeda. Serangkaian kegiatan sudah dijalankan di bulan April dengan perayaan malam puncaknya bersama keluarga besar dan karyawan pada tanggal 3 Mei 2014.
riau24_ugt7f_655.jpg
NHS melaporkan kanker testis merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada pria di Inggris, terutama yang usianya berkisar antara 15-45 tahun. Namun sayangnya banyak pria Inggris yang tak tahu bagaimana mengecek risiko kanker testis mereka.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com