riau24 Kembalikan Fungsi Hutan, Kementrian LHK Eksekusi Masyarakat | Berita Riau
Sabtu, 10 Desember 2016

Kawasan Cagar Biosfer

Kembalikan Fungsi Hutan, Kementrian LHK Eksekusi Masyarakat

0
Kembalikan Fungsi Hutan, Kementrian LHK Eksekusi Masyarakat di Kawasan Cagar Biosfer
Berita Riau -  Kembalikan Fungsi Hutan, Kementrian LHK Eksekusi Masyarakat
Siak, Riau24.comUntuk mengembalikan fungsi lahan Cagar Biosfer yang sudah dicaplok oleh masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan didampingi Komnas HAM dan kepolisian melakukan eksekusi terhadap lahan yang dikuasai masyarakat dan dialihfungsi untuk pertanian serta perkebunan.

Kapores Siak AKBP Restika PN SIK melalui Kapolsek Sungai Mandau, Iptu Hermanto mengatakan, proses eksekusi lahan Cagar biosfer berlangsung dua hari. Rencana awal diperkirakan eksekusi berlangsung tiga hari.

Baca Juga :
Ketika Istri Presiden Ini Pernah Berfoto Bugil, Dan Indonesia Salah Satunya... 

Eksekusi menggunakan alat berat di lahan seluas 200 hektare untuk tahap awal. Lahan tersebut merupakan lahan inti yang nantinya akan dikembalikan sebagai hutan hijau Cagar Biosfer.

"Dalam rangka pengembalian cafar biosfer dilakukan eksekusi tahap pertama dengan area kawasan biosafer yang dipakai masyarakat. Nantunya, lahan seluas 600 hekter juga akan dieksekusi pada tahap kedua," ujarnya.

Dikatakan, kehadiran Komnas HAM untuk memfasilitasi pemerintah supaya tidak terjadi aksi kekerasan saat pengosongan lahan yang sekarang sudah ditanami sawit tersebut. Komnas HAM sendiri berharap, fungsi hutan bisa dikembalikan tanpa ada tindak kekerasan.

"Tahap berikutnya, kita akan mengimbau masyarakat untuk segera meninggalkan kawasan hutan Cagar Biosfer. Karena wilayah tersebut akan dikembalikan kepada fungsi utamanya. Sosialisasi akan langsung ditangani Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuannya, supaya masyarakat bisa mengerti tentang fungsi lahan Cagar Biosfer," katanya.

Dalam proses ekseskusi tersebut, Polres Siak menurunkan 25 personil bersama tujuh orang anggota TNI dan Dinas Kehutanan.   (***)

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam