riau24 Tahukah Kamu Dinkes Riau Sudah Memiliki Ruangan Laktasi? | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Pekanbaru

Tahukah Kamu Dinkes Riau Sudah Memiliki Ruangan Laktasi?

0
Tahukah Kamu Dinkes Riau Sudah Memiliki Ruangan Laktasi?
Berita Riau -  Tahukah Kamu Dinkes Riau Sudah Memiliki Ruangan Laktasi?
Riau24.com-Sebagai bukti kepedulian terhadap tumbuh kembang penerus bangsa, Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyediakan ruangan laktasi yang diperuntukkan kepada seluruh pegawai baik negeri maupun swasta yang tengah menyusui.

Ruangan laktasi sendiri merupakan sebuah kebijakan penyediaan fasilitas khusus menyusui atau memerah ASI bagi ibu menyusui di fasilitas publik.

Seperti dikatakanya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, begitu pentingnya ASI bagi bayi yang akan menentukan masa depan bangsa, maka diberikan pelayanan konseling menyusui, konseling Makanan Pendamping ASI (MPASI) dan konseling tumbuh kembang anak.

"Kepada seluruh SKPD, BUMN, BUMD dan Perkantoran, betapa pentingnya ruangan laktasi. Ruangan laktasi itu adalah dimana kita beri kesempatan kepada para pegawai perempuan yang lagi menyusui dapat diberi kesempatan untuk memerah susunya atau menyusul bayinya," ujar Andra di Pekanbaru.

Mekanismenya nanti, lanjut Andra, setiap bayi yang akan diberikan ASI oleh ibunya akan didatangkan di ruangan Laktasi untuk menerima asupan ASI secara langsung maupun melalui ASI yang sudah diperah dan disimpan di lemari pendingin.

Menurut Andra, hal ini dilakukan karena ASI eksklusif adalah hak setiap bayi yang harus dipenuhi setiap ibu yang menyusui sehingga dengan adanya pekerjaan tidak lagi menjadi alasan untuk tidak memberikan ASI kepada bayinya.

"Karena ASI eksklusif membuat daya tahan tubuh pada bayi dan pada ibu itu menjadi baik. Kemudian dengan ASI eksklusif itu akan merenggangkan kehamilan yang berikutnya dan yang paling penting, ASI eksklusif akan dapat meningkatkan volume otak," pungkas Andra.

Sebelumnya, pada ruangan tersebut, telah disediakan ruangan yang mampu memberi kenyamanan baik bagi ibu maupun bayi yang akan disusui. Karena telah didesain sedemikian rupa agar nyaman untuk dilihat mata dan sesuai dengan karakter anak-anak.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam