riau24 Ribuan Masyarakat Rokan Hulu Terdampak Banjir | Berita Riau
Minggu, 11 Desember 2016

Banjir

Ribuan Masyarakat Rokan Hulu Terdampak Banjir

0
Petugas kepolisian membantu pengendara yang terkepung banjir (Foto:Nof)
Berita Riau -  Ribuan Masyarakat Rokan Hulu Terdampak Banjir
Pekanbaru, Riau24.com- Bencana banjir yang melanda Rokan Hulu, Senin, 14 November 2016 merendam ratusan rumah di lima kecamatan yang dihuni 1.928 kepala keluarga. Setidaknya 5.879 jiwa masyarakat terdampak banjir. 
 
Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo mengatakan, hujan dalam intensitas tinggi selama tiga jam membuat sejumlah aliran Sungai tidak sanggup menampung debit air sehingga luapan air menggenangi rumah warga. 
 
"Tinggi air mencapai 30 hingga 70 sentimeter," kata Guntur, Selasa, 14 November 2016. 
 
Menurut Guntur, air luapan sungai menggenangi lima kecamatan tersebut yakni di Kecamatan Kabun terdapat dua desa terendam banjir yang dihuni 270 kepala keluarga. Kemudian Kecamatan Tandun banjir merendam tiga desa yang dihuni 270 kepala keluarga. Lalu Kecamatan Ujung Batu terdapat tiga desa terendam banjir yang dihuni 97 kepala keluarga. 
 
Jumlah warga terdampak banjir lebih banyak lagi di Kecamatan Rambah Samo, sebanyak lima desa terendam banjir yang dihuni 350 kepala keluarga. Dampak banjir terbesar menggenangi delapan desa di Kecamatan Rambah yang dihuni 978 kepala keluarga. Tercatat secara kesluruhan sebanyak 5.879 jiwa masyarkat terdampak banjir. 
 
Guntur mengaku, sebanyak 250 petugas gabungan dari Kepolisian, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rokan Hulu telah diterjunkan membantu evakuasi orang dan peralatan rumah tangga masyarakat terdampak banjir. Sejumlah posko dan dapur umum telah didirikan sebagai tempat evakuasi sementara. 
 
"Sejumlah personil dikerahkan mengevakuasi warga," kata Kepala 
 
Namun sejauh ini belum ada masyarakat yang memutuskan untuk mengungsi di tenda darurat mengingat genangan air berangsur surut menjelang sore hari. 
 
"Air sudah surut dan masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing," ujarnya. (***)

R24/Nof 
 


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam