riau24 Pemprov Riau Siapkan Rp 1,2 M Penelitian Arkeologi Benteng Tujuh Lapis | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Perbaikan Peninggalan Sejarah

Pemprov Riau Siapkan Rp 1,2 M Penelitian Arkeologi Benteng Tujuh Lapis

0
Pemprov Riau Siapkan Rp 1,2 M Penelitian Arkeologi Benteng Tujuh Lapis
Berita Riau -  Pemprov Riau Siapkan Rp 1,2 M Penelitian Arkeologi Benteng Tujuh Lapis

Rohul, Riau24.com - Pembangunan peninggalan bersejarah Benteng Tujuh Lapis Tuanku Tambusai di Dalu Dalu, Kelurahan Tambusai Tengah, Kecamatan Tambusai, Rokan Hulu (Rohul) akan segera dilanjutkan secara bertahap oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.
 

Setelah pembangunan visualisasi relief yang menggambar mengenai sejarah perjuangan dan peperangan Tuanku Tambusai menghadapi penjajah Belanda yang akan bisa dilihat di dua tempat, yakni di Tali Kumain dan LKA Tambusai. Selanjutnya untuk tahun 2017 Pemprov Riau menyiapkan anggaran penelitian arkeologi di dalam Benteng Tujuh Lapis.


Baca Juga :
CDN Riau Donasikan Unit Sepeda Motor Honda BeAT untuk SMK Multi Mekanik Masmur


“Ya, sebelum dilanjutkan pembangunan menyeluruh di dalam Benteng Tujuh Lapis, terlebih dahulu harus diteliti oleh para arkeolog, sehingga jika ada peninggalan Tuanku Tambusai yang tersisa atau tersimpan disana bisa diselamatkan dan pembangunan Benteng nantinya tidak merubah makna peninggalan sejarah itu sendiri,” kata H.Syamsurizal,ST,MT, Wakil Ketua Badan Pekerja Pelestarian Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai kepada wartawan.

Dikatakannya, atas perjuangan semua pihak termasuk tokoh masyarakat dan anggota DPRD Riau, khususnya yang berasal daerah pemilihan Rohul, pembangunan Benteng Tujuh Lapis itu akan berkelanjutan. Dan untuk tahun 2017 pemprov Riau sudah menyetujui dana penelitian arkeologi.

“Anggaran untuk penelitian arkeolog di Benteng Tujuh lapis untuk tahun 2017 nanti, sebesar Rp.1,2 miliar lebih. Setelah itu baru bisa disiapkan anggaran untuk pembangunan menyeluruh dan bertahap di Benteng itu,” kata Syamsurizal yang juga anggota DPRD Riau Dapil Rohul dari Fraksi PAN itu.

Dijelaskan Syamsurizal pria yang akrab disapa Ulong itu, khusus untuk festival budaya dan pariwisata Benteng Tuanku Tambusai yang akan dilaksanakan awal Desember 2016 nanti di Benteng Tujuh Lapis Dalu Dalu, merupakan wahana silaturrahmi dan berkumpulnya semua pihak, terutama yang jauh di Rantau.

“Kita berupaya menyatukan keluarga besar Tambusai dimanapun berada melalui Festival budaya yang akan diadakan di Benteng Tujuh Lapis nanti. Sehingga keluarga Tambusai yang di Jakarta, Medan, Pekanbaru, Batam, Kampar dan lain lain, dan yang termasuk keluarga dan keturunan Tuanku Tambusai di Malaysia bisa berkumpul,”pungkas Syamsurizal.   (***)




R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam