riau24 Sabine: Pertahanakan Kredibitas Media Dengan Memprioritaskan Isu Lokal | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Sabine: Pertahanakan Kredibitas Media Dengan Memprioritaskan Isu Lokal

0
Sabine: Pertahanakan Kredibitas Media Dengan Memprioritaskan Isu Lokal
Berita Riau -  Sabine: Pertahanakan Kredibitas Media Dengan Memprioritaskan Isu Lokal
Riau24.com-Sabin Torres, seorang wanita asal Negara Prancis yang menghadiri Festival Media yang ditaja Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengundang perhatian dari berbagai jurnalis di seluruh Indonesia.

Pasalnya, ia yang sebelumnya mengisi workshop bertemakan seputar membuat konten bagi media online lokal pada Kamis lalu di Hotel Grand Tjokro Pekanbaru ini merupakan seorang CEO dari salah satu televisi online si Prancis yiaut TVSud.

Tampaknya kesempatan ini sangat dimanfaatkan oleh para jurnalis untuk menggali ilmu lebih dalam bagaimana membuat konten dari media tempatnya bernaung diminati masyarakat serta bagaimana memperoleh uang dari website. 

Dalam pelatihan tersebut Sabin mengatakan, saat ini media lokal umumnya kurang peka dengan isu lokal. Alih-alih, banyak media lokal mengutip berita dari media mainstream nasional sehingga porsi untuk isu lokal kurang mendapat perhatian.

Padahal, katanya lagi, isu lokal memiliki nilai lebih jika diliput dengan serius. Ia juga mengingatkan betapa pentingnya menyajikan berita liputan sendiri daripada menyadur berita dari media nasional.

"Sehingga lebih banyak berita hard news hasil penyaduran dari media online daripada isu lokal. Pentingnya mengangkat isu lokal liputan sendiri menurut Sabin guna mempertahankan keaslian konten serta kredibilitas media," beber Sabin.

Dikatakan Sabin, jurnalis juga perlu melakukan peliputan mendalam untuk isu lokal. Bahkan lebih bagus jika melakukan liputan investigasi. Dengan begitu, bukan tak mungkin media lokal juga tak kalah saing dengan media nasional.

Sementara itu, Meri salah seorang blogger asal Batam yang mengiluti pelatihan tersebut mengaku mendapat pandangan baru bagaimana mengolah konten web dan mencari uang lewat website.

"Selama ini memang banyak media online lokal yang mengutip berita dari media nasional. Ini bisa jadi pengalaman berharga bagi penulis hingga kedepan akan lebih tertarik mempertahankan orijinalitas dengan berita liputan sendiri itu penting ketimbang menyadur dari media nasional," pungkas Mei yang juga mantan seorang wartawan.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam