riau24 Mau Jadi Kartunis Terkenal? Ikuti Penjelasan Ini | Berita Riau
Sabtu, 10 Desember 2016

Pekanbaru

Mau Jadi Kartunis Terkenal? Ikuti Penjelasan Ini

0
Mau Jadi Kartunis Terkenal? Ikuti Penjelasan Ini
Berita Riau -  Mau Jadi Kartunis Terkenal? Ikuti Penjelasan Ini
Riau24.com-Workshop Bisnis Kartun di Era Digital merupakan kegiatan lain yang ikut memeriahkan Festival Media kali ini yang diisi oleh pemateri dari Sindikat Kartunis Riau (Sikari).

Salah satu kartunis, Dhonny Adam mengatakan bisnis kartun merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab, pelaku bisnis tidak perlu memikili kantor sendiri karna bisa dilakukan dengan memajang karya di media sosial pribadi. Terlebih lagi, seniman kartunis masih sangat sedikit.

Keuntungan dari jarangnya seniman kartunia di Riau, kata Dhonny, saingan jadi berkurang dan bahkan hampir tak ada saingan. Bahkan ia pun menceritakan pengalaman ketika dirinya menggambar kartun secara langsung dan banyak masyarakat yang bertanya apakah dirinya berasal dari Kepulauan Jawa atau tidak.

"Itu karena biasanya yang orang tau, kartunis itu adanya cuma di Jawa bukan daerah lain. Padahal saya asli orang Pekanbaru," ujar Dhonny di Ruang Tennas Effebdy, Pustaka Wilayah Soeman HS Pekanbaru, Sabtu (19/11/16).

Pria yang mempelajari kartun secara otodidak ini juga menuturkan, saat sudah memasuki dunia bisnis, idealis sebagai seorang kartunis harus dipinggirkan. "Kalau kita mau bisnis ya harus kita ikuti kemauan konsumen. Kita tidak bisa menggambar sesuai keinginan kita saja," lanjut Dhonny.

Dhonny juga mengatakan karikatur merupakan sebuah gambar wajah dimana penikmat gambar wajah tersebut melihat gambar itu lucu. "Pokoknya kartun itu lucu," imbuhnya.

Sketch wajah, kata dia, tidak perlu sesuai dengan foto yang diberikan konsumen. Di karikatur, kartunis hanya perlu menonjolkan sesuatu yang unik dari wajah konsumen. Lalu langkah awal yang harus dilakukan kartunis adalah memperkenalkan karyanya kepada masyarakat.

"Untuk bisnis dari karikatur ini tidak cukup kita hanya upload di media sosial. Kita juga bisa berkontribusi di komunitas-komunitas yang juga sudah terkenal," beber Dhonny.

Dhonny menggaris bawahi bagi setiap orang yang ingin menjadi kartunis, jangan pernah membandingkan karya diri sendiri dengan karya orang lain. Tetapi, bandingkanlah karya itu dengan karya sebelumnya.

"Menggambar karikatur itu adalah feel. Yang penting adalah belajar dan yakin. Belajarlah dengan mencari di buku-buku bagaimana cara menggambar karikatur yang baik dan bagaimana cara mengikuti selera konsumen," tandasnya.

Agar hasil karikatur maksimal, Dhonny menyarankan agar kartunis menggunakan "alat perang" yang bagus pula. Sebab, alat gambar yang bagus termasuk salah satu faktor menghasilkan karikatur dengan hasil maksimal.

Terakhir, Dhonny berbagi tips mengenai menggambar karikatur. "Referensi wajah harus lebih dari satu, Perhatikan bentuk wajah konsumen, lihat ciri khas wajah, sketch wajah dan beri warna pada karikatur tersebut," jelasnya mengakhiri.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam