riau24 Kartunis: Kalau Mau Sukses, Harus Konsisten | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Pekanbaru

Kartunis: Kalau Mau Sukses, Harus Konsisten

0
Kartunis: Kalau Mau Sukses, Harus Konsisten
Berita Riau -  Kartunis: Kalau Mau Sukses, Harus Konsisten
Riau24.com-Pemateri dalam workshop selanjutnya adalah Dhany permata yang merupakan salah satu kartunis dan freelancer Pekanbaru. Dhany menyayangkan, pangsa pasar komik di pekanbaru masih tergolong kurang.

Dhany bercerita, diawal 2012, mulai muncul berbagai meme komik di Indonesia. Namun ditahun 2013, salah satu karya milik Dhany yang sudah viral di sosial media, diambil oleh perusahaan lain. "Itu salah satu bad effect nya berkarya di sosial media" ujarnya.

Dhany juga mengatakan, efek menguntungkan berkarya di media sosial yaitu hemat dari segi biaya. "Murah, karena kita hanya perlu memposting ke media sosial."

Lanjutnya, untuk menjadi influencer, contohnya artis atau komikus yang baik adalah dengan menentukan konten, tingkat konsistensi dan seberapa sering publikasi di media sosial dilakukan.

"Semakin sering kita posting, karya kita bisa mengikuti selera pasar agar mebjadi trending dan viral dimana-mana," lanjutnya.

Lebih dalam Dhany menjelaskan, agar lebih dikenal, perkuat akun Anda dengan memperbanyak link dan partner. Selain itu, good attitude juga diperlukan dalam komik yang ada di akun Anda agar akun Anda jauh dari konten pornografi. "Freelancer tanpa link sama dengan bunuh diri" tambahnya.

Menurutnya, ruang lingkup kartun itu sangat luas. Karena kartun bisa dijadikan apa saja seperti poster, animasi dan buku bacaan.

Dhany menyimpulkan, untuk menyelesaikan masalah pencurian karya adalah dengan cara kita harus bijak berinternet. Hal itu diawali dengan mengetahui efek baik dan buruknya bermedia sosial.

Sementara itu, pemateri ketiga dalam workshop Bisnis Kartun di Era Digital ini diisi oleh Eko Farza yang juga merupakan salah satu anggota Serikat Kartunis Riau.


Eko bertekad, bagaimana caranya agar kartun dapat dibutuhkan di industri lain agar kartun lebih dikenal. "Industri lain itu seperti di industri film," ungkapnya.


Eko berpesan, jika Anda ingin sukses dalam berkarya dibidang kartun, konsistensi dan ketekunan harus sangat dimiliki.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam