riau24 Tayangkan Film Samin VS Semen, Si Perusak Lahan Pertanian | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Pekanbaru

Tayangkan Film Samin VS Semen, Si Perusak Lahan Pertanian

0
Tayangkan Film Samin VS Semen, Si Perusak Lahan Pertanian
Berita Riau -  Tayangkan Film Samin VS Semen, Si Perusak Lahan Pertanian
Riau24.com-Festival Media yang berlangsung di Pustaka Wilayah Soeman HS yang dimulai dari 19 November lalu berlanjut pada hari ini dengan beragam acara yang tak kalah menarik.

Salah kegiatan yang disuguhkan adalah penayangan film berjudul Samin VS Semen yang menceritakan kasus penolakan warga Samin terhadap PT Semen Gresik karena dianggap merusak lahan pertanian.

Ternyata penolakan warga yang dibuktikan dengan pendirian tenda prihatin oleh warga sejak 16 Juni 2014 lalu. Tak hanya itu, pada 27 November lalupun para petani daerah setempat melakukan pemrotesan kepada PT tersebut.

Aksi yang dilakukan oleh para petani kala itu menuntut PT Semen Gresik untuk menarik mundur alat berat pembangunan nan yang dianggap mengganggu wilayah mereka.

Joko Prianti salah seorang warga Samin mengatakan warga yang melakukan aksi menghadapi tekanan dan intimindasi yang luar biasa dari perusahaan tersebut.

"pada awalnya intimidasinya luar biasa ada yang diancam, diculik dan lainnya," ujar Joko dalam tayangan film di Ruangan Auditorium Ismail Suko.

Pembuat film pun tak lupa memberikan pesan kepada pemerintah dalam tayangan ini. Melalui masyarakat, film ini menyampaikan oe pemerintah untuk memperhatikan rakyat kecil dan ikut melestarikan lingkungan.

Selain warga, pembuat film ini ternyata juga menghadapi kendala dan hambatan dalam proses pembuatannya dimana pihak perusahaan secara terang-terangan menutup-nutupi persoalan itu.

"Pada tahap awal mereka mendatangi pihak pro namun gagal, karena mereka tidak mau untuk diliput. Barulah setelah itu mendatangi piihak kontra. Pengambilan video dilakukan selama 1minggu, dimana salah satu hambatan dalam pembuatan ini yaitu kami dilarang memasuki pabrik," ujarnya.

Pada akhirnya kasus ini dimenangkan oleh pihak kontra semenjak satu Bulan lalu.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam