riau24 Redpel Tempo: Tulisan Tanpa Data Adalah Sampah | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Pekanbaru

Redpel Tempo: Tulisan Tanpa Data Adalah Sampah

0
Redpel Tempo: Tulisan Tanpa Data Adalah Sampah
Berita Riau -  Redpel Tempo: Tulisan Tanpa Data Adalah Sampah
Riau24.com -Festival Media yang diadakan oleh Aliansi Jurnalisme Independen (AJI) berlanjut kehari berikutnya. Kali ini di ruangan Bedah Buku Pustaka Wilayah, AJI mengundang Wahyu Dhyatmika, salah seorang Redaktur Pelaksana dari Tempo sebagai pemateri, Minggu (20/11/16).

Tema pada workshop ini sesuai dengan tema Festival Media yang kelima di Pekanbaru ini yaitu Jurnalisme Data untuk Isu Lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Wahyu menyampaikan kritikannya yang menurutnya jurnalisme kini selalu menggunakan metode kualitatif dalam peliputan.

“Sering sekali kita melupakan sisi penting dari data dan hanya menonjolkan penjelasan terhadap kasus yang ditangkap saat peliputan saja,” ujarnya di Ruang Bedah Buku.

Iapun mencontohkan dengan adanya suatu perampokan yang terjadi, bahwa liputannya sekian lama akan menjadi tidak menarik. Disebabkan karena tidak adanya data yang tercantum didalam tulisan.

“Akan jadi sampah, namun jika ada data, kamu bisa bandingkan data kejahatan yang dulu hingga sekarang,” kata Wahyu lagi.

Lebih lanjut dikatakannya, sekarang jurnalisme sedang ada dalam persimpangan. Media sosial sudah menggantikannya sebagai sumber informasi.

"Seperti yang terjadi di Amerika, disana media massa sudah memberitakan bahwa Trump sangat tidak baik menjadi pemimpin. Sudah jelas yang layak menjadi pemimpin Amerika adalah Clinton," imbuhnya.

Nama n yang menjadi masalah adalah ketika masyarakat zaman ini lebih percaya dengan pemberitaan yang sebar di media sosial seperti facebook oleh keluarga ataupun teman.

“Namun yang menjadi masalah, masyarakat lebih percaya denga Facebook, keluarga atau teman yang membagikan tautan di media sosial,” keluhnya.

Dijelaskan Wahyu, keuntungan dari jurnalisme data adalah bisa mengumpulkan informasi strategis, mempengaruhi kebijakan dan bisa menjadi bahan diskusi serta lebih akurat.

Ia juga menyampaikan bahwa jurnalisme data tidak melulu hanya bisa ditampilkan dengan tabel, namun bisa juga ditulis dengan gaya narasi. “Asalkan tulisannya juga berdasarkan oleh data-data yang didapat,” pungkasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam