riau24 Berikut Tips Buat Video Dengan Smartphone | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Pekanbaru

Berikut Tips Buat Video Dengan Smartphone

0
Berikut Tips Buat Video Dengan Smartphone
Berita Riau -  Berikut Tips Buat Video Dengan Smartphone
Riau24.com-Di era teknologi yang begitu pesat seperti saat ini menuntut masyarakat, kuhusunya yang berkecimpung di bidang jurnalistik untuk memperoleh dan memberikan informasi yang tepat, lengkap dan cepat.

Kecepatan informasi tersebut baik dalam bentuk tulisan, gambar dan video ditugaskan kepada jurnalis untuk melakukan hal tersebut sendiri.

Oleh karena itu, saat ini smartphone sudah memiliki tugas yang merangkap. Menulis berita, mengambil gambar bahkan memvideokan suatu perkara atau persoalan.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan berbagai hal tersebut melalui smartphone, khususnya pembuatan video.

Dandhi Dwi Laksono selaku pembicara dalam workshop Membuat Video Dengan Smartphone menjelaskan mengenai tips dan tuntunam dalam membuat video tersebut, karena smartphone memiliki banyak kekurangan dibandingkan kamera.

"Sebelum menggunakan kamera HP, kita harus mengetahui kelemahan dari kamera. Karena Image stabiliser belum ada pada setiap HP, Itulah dilemanya," ujar Dhandhi, Minggu (20/11/16) di Ruang Ismail Suko Perpustakaan Soeman HS.

Sehingga katanya lagi, jurnalis diharuskan untuk menggunakan tripod. "Semua yang horizontal harus berhubungan dengan tripod. Bisa juga gunakan pengganjal. Dengan batu saat di sungai, misalnya," kata Dhandhi.

Kesalahan zoom dalam kamera, lanjut Dhandhi, akan membuat gambar dan audio pecah hasilnya. Setiap jurnalis harus mengalah dengan objek sehingga harus mendekati objek untuk menghasilkan karya yang baik.

Selain itu, kevariasan hasil liputan juga dianjurkan untuk dilakukan, bisa juga menggunakan tongsis agar jangkauannya lebih panjang.

Dhandhi pun mengungkapkan bahwa dalam dunia videografi, ada beberapa pilihan dan cara dalam pengambilan yang pertama jika objek diam, contohnya seperti gedung maka kameranya diam.

"Objek bergerak, kamera diam. Objek bergerak, kamera bergerak. Itu yang keren, tapi kalau Objek diam, kamera bergerak, itu yang kurang ngajar," pungkas Dhandhi.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam