riau24 Pemko Dumai Berencana Terapkan Program Smart City | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Program Smart City

Pemko Dumai Berencana Terapkan Program Smart City

0
Pemko Dumai Berencana Terapkan Program Smart City
Berita Riau -  Pemko Dumai Berencana Terapkan Program Smart City
Dumai, Riau24.comProgram Smart City atau konsep Kota Cerdas untuk memberikan kemudahan pelayanan publik dan transparan dengan berbasis teknologi akan diterapkan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

Dalam persiapannya menuju smart city tersebut, pemerintah daerah bekerjasama dengan tim teknologi informasi yang akan mempersiapkan aplikasi pelayanan kepada masyarakat.

“Program smart city kita rencanakan dengan aplikasi untuk pajak bumi bangunan dan pengawasan siswa sekolah secara online, karena itu sudah digandeng tim teknologi informasi,” ujar Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo, baru – baru ini.

Baca Juga :
Delapan Puskesmas di Dumai Sudah Terakreditasi


Menurut pria berkacamata itu, daerah dengan inovasi teknologi dalam pelayanan publik tidak saja harus dengan aplikasi berbasis teknologi, akan tetapi bisa juga dengan kota yang memiliki solusi dalam mempercepat pembangunan.

Sebab, sejauh ini pemerintah daerah masih terkendala minim fasilitas dan belum ada format baku dari Kementerian Kominfo RI berdasarkan karakter masing - masing daerah yang berbeda untuk rencana pemanfaatan smart city tersebut.

“Kita juga masih menunggu anggaran dari pusat untuk pemanfaatan smart city ini,” beber Wawako.
Selain memudahkan pelayanan publik, Ia berharap, smart city juga bentuk transparansi pengelolaan pemerintah secara baik dan transparan tanpa birokrasi yang rumit.

Smart city merupakan inovasi dan terobosan dalam menata dan mengelola sistem pemerintahan yang berbasis teknologi dan aplikasi internet. Dimana, aplikasi tersebut juga bertujuan agar masyarakat lebih mudah, murah, cepat dan efektif dalam mendapatkan pelayanan baik dibidang administrasi, kesehatan, dan pengaduan dan pelayanan lainnya dari pemerintah.

Sebagai Kota yang terus berkembang, Dumai tidak ingin ketinggalan dalam memanfaatkan keberadaan teknologi. Untuk hal tersebut Pemko Dumai menjajaki kerjasama aplikasi memanfaatkan fasilitas internet guna dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Dumai dengan lebih baik lagi.

Untuk itu, sebelumnya Pemko yang diwakili oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menghadiri dan menandatangani MoU dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil pada acara Smart City Forum belum lama ini.   (***)





R24/dik
 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam