riau24 Inilah Tempat Pertama Kali Bendera Merah Putih Berkibar di Riau | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

TAHUKAH ANDA

Inilah Tempat Pertama Kali Bendera Merah Putih Berkibar di Riau

0
Tugu dimana sekitaran tugu ini bendera Indonesia berkibar di Riau
Berita Riau -  Inilah Tempat Pertama Kali Bendera Merah Putih Berkibar di Riau
Riau24.com- Belakangan ini, pembagunan monumen tugu anti korupsi menjadi perbincangan hangat. Banyak yang pro dan tidak sedikit yang kontra. Pasalnya, bangunan tugu yang akan dibangun di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jalan Ahmad Yani ini, dibangun melalui anggaran yang masuk di RTH. Jumlahnya pun diberitakan tidak sedikit, Tugu ini dikabarkan menghabiskan dana yang tidak sedikit, mencapai Rp420 Juta dari total anggaran yang masuk diantara pembangunan RTH di Jalan Ahmad Yani sebesar Rp7 miliar lebih.

Akan tetapi, tahukah anda? Sekitar 71 tahun yang lalu tempat ini menjadi tempat bersejarah yang harusnya hingga saat ini kita ingat. Sebagian mungkin sudah mengetahui, akan tetapi tidak sedikit pula yang belum tahu bahwa di tempat ini dulunya adalah tempat dimana bendera merah putih dikibarkan pertama kalinya di bumi melayu.

Disekitar tugu ini bendera merah putih pertama kali dikibarkan, tepat diatas atap kantor PTT dalam suasan perebutan kekuasaan tanggal 15 september 1945 pukul 14.00 wib oleh angkatan muda PTT Pekanbaru. Nah, Prasasti ini diresmikan langsung oleh Gubernur Riau R Soebrantas Siswanto pada tanggal 10 November 1978.

Dan tugu ini masih bisa kita lihat di jalan Ahmad Yani di depan rumah dinas walikota Pekanbaru. Saat ini disekitaran tugu sedang dibangun Ruang Terbuka Hijau dan Tugu anti korupsi. Semoga pembangunan ini tidak akan merusak sejarah yang sudah ada ya.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam