riau24 Tingkatkan SDM Dan Berantas Buta Aksara, PKBM Ajak Masyarakat Gemar Membaca | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pemkab Siak

Tingkatkan SDM Dan Berantas Buta Aksara, PKBM Ajak Masyarakat Gemar Membaca

0
Tingkatkan SDM Dan Berantas Buta Aksara, PKBM Ajak Masyarakat Gemar Membaca
Berita Riau -  Tingkatkan SDM Dan Berantas Buta Aksara, PKBM Ajak Masyarakat Gemar Membaca
Siak, Riau24.com - Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan memberantas masyarakat buta aksara di Kabupaten Siak, lembaga swadaya masyarakat melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bungaraya Indah selalu aktif mengajak masyarakat untuk belajar membaca.

"Data buta aksara di Kabupaten Siak berjumlah 1.012 orang yang menyebar di setiap kecamatan, kecuali Kecamatan Mempura yang harus kita bina," ungkap Sudirmo, selaku Ketua DPD Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM ) Kabupaten Siak.


Baca Juga :
FPI Ancam Demo Susulan, Kapolri Tak Takut Untuk Bubarkan Salat Jumat Tanggal 2 Desember


Lanjut Sudirmo mengatakan, untuk Kecamatan Bungaraya sendiri, masyarakat buta aksara berjumlah 99 orang, dengan cakupan usia yang berbeda-beda antara 18 sampai 80 tahun, tersebar di semua kampung se-Kecamatan Bungaraya.

"Untuk pembelajaran pemberantasan buta aksara ada dibeberapa titik, yaitu SDN 05 Jayapura, SDN 07 Suak Merambai, Balai Pertemuan Kampung Bungaraya, Dayang Suri. "Untuk lokal belajar PKBM Bungaraya Indah di rumah warga Buantan lestari. Alhamdulilah warga belajar begitu antusias walaupun sudah berumur.

Hal ini terlihat ketika mendapat kunjungan dari tim Monev Provinsi Riau yang terdiri dari unsur pengurus PKK Provinsi Riau, Korem dan Kabid PLS, Kasi kelembagaan beserta staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau kemarin," ungkapnya dengan penuh bangga.

Tim Monev Provinsi Riau saat mengunjungi warga belajar di salah satu titik diselenggarakannya kegiatan belajar pemberantasan buta aksara, Dewi panggilan akrab Kabid PLS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau menyempatkan bertanya kepada warga belajar buta aksara.

"Bagaimana ibu ibu semangat belajarnya?," tanyanya.

Lalu ibu-ibu warga buta aksara menjawab dengan serentak dan penuh semangat. "Kami Semangat selalu bu," ujar warga buta aksara.

Sementara itu Slamet Sutarman sebagai pengurus juga berharap, kegiatan belajar mengajar untuk memberantas buta aksara bisa berjalan dengan lancar. "Semoga pemberantasan buta aksara bisa berjalan dengan baik. Sehingga cita-cita Pemerintah Kabupaten Siak untuk zero buta aksara bisa terwujud. Inilah harapan kami selaku pengelola PKBM Bungaraya Indah di Kecamatan Bungaraya," kata Slamet.    (***)





R24/dev 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam