riau24 Sebagai bukti Kepedulian dan Mempercepat Informasi, Dinsos Sebar Ratusan Tagana | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Sebagai bukti Kepedulian dan Mempercepat Informasi, Dinsos Sebar Ratusan Tagana

0
Sebagai bukti Kepedulian dan Mempercepat Informasi, Dinsos Sebar Ratusan Tagana
Berita Riau -  Sebagai bukti Kepedulian dan Mempercepat Informasi, Dinsos Sebar Ratusan Tagana
Riau24.com-Sebagai bukti kepedulian terhadap penanggulangan bencana sosial di masyarakat, Dinas Sosial Provinsi Riau memiliki 700 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang disebarkan di 12 kabupaten dan kota.

"Sekarang ada sebanyak 700 orang yang menjadi relawan di Riau dari berbagai macam profesi," ujar Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Iman Sukendar, Selasa (22/11/16).

Sebagai ujung tombak informasi bencana didaerah. Menurut Iman, Tagana memiliki peran penting dalam melaporkan kejadian bencana, seperti banjir, longsor hingga abrasi yang tengah terjadi.

"Seperti kejadian 20 rumah rusak akibat abrasi sungai di Kuala Enok, Inhil. Tagana yang ada di Kabupaten bergerak cepat melaporkan itu dan segera membuat tenda, dapur umum bagi para pengungsi," terangnya.

Guna menambah relawan, lanjut Iman, setiap tahun Dinsos melakukan rekruitmen untuk menjadi anggota Tagana. Rencananya rekruitmen dilakukan saat Riauexpo MEA pada 24 November ini.

"Tahun ini, kita menerima 100 orang. Dimana, sesuai maksimal usia 35 tahun, tinggi 160 cm, sehat, pendidikan SLTA dan punya jiwa menolong orang," imbuhnya.

Untuk bisa memperoleh Nomor Induk Anggota (NIA) Tagana. Setelah resmi mendaftar, relawan diharuskan mengikuti pendidikan militer terlebih dahulu.

"Nanti disitu akan diajarkan membuat dapur umum, bangun tenda. Baru diajukan NIA. Relawan memang dicari yang berdomisili di daerah," tutupnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Syarifuddin mengatakan, dibentuknya tagana untuk memperoleh informasi secara lebih Dini sehingga Pemerintah Provinsi Riau bisa bergerak cepat.

"Kita kan nau informasi yang akurat, jadi kalau ada apa-apa cepat dihubungi kita. Kalau tidak ada itu (Tagana, red) kan, biasanya susah koordinasinya," pungkas Syarifuddin.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam