riau24 Dua Cikal Bakal Balai Benih Ikan Tengah Disiapkan Oleh Pemkab Rohil | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Kegiatan Pemkab

Dua Cikal Bakal Balai Benih Ikan Tengah Disiapkan Oleh Pemkab Rohil

0
Dua Cikal Bakal Balai Benih Ikan Tengah Disiapkan Oleh Pemkab Rohil
Berita Riau -  Dua Cikal Bakal Balai Benih Ikan Tengah Disiapkan Oleh Pemkab Rohil
Rohil, Riau24.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) terus berupaya mengembangkan program perikanan khususnya bidang pembenihan atau budidaya ikan air tawar.

Setelah sukses mengelola Balai Benih Ikan (BBI) yang berada di Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih, kini Diskanlut telah mempersiapkan dua cikal bakal BBI lagi.
Rencananya akan dipusatkan di Kepenghuluan Rantau Kopar Kecamatan Rantau Kopar dan Kepenghuluan Teluk Pulai Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).
 

"Untuk memenuhi ketersediaan bibit ikan di Kabupaten Rohil ini, minimal harus ada tiga balai benihnya. Baru bisa untuk memenuhi kebutuhan yang ada," terang Kepala Diskanlut Rohil, Muhammad Amin, Rabu (23/11) ketika ditemui dikantornya.
 

Untuk cikal bakal BBI yang di Rantau Kopar lanjutnya, saat ini sudah mulai melakukan pembenihan dikolam yang berukuran 25x50 itu. Namun untuk tahap awal ini hanya melakukan pembenihan bibit ikan lele saja.
 
Baca Juga :
Kabar Duka, Anggota DPRD Ini Meninggal Dunia dan Tinggalkan 3 Anak

"Sudah dua kali disini lakukan proses perkawinan suntik. Jadi kita mulai dari ikan lele yang paling mudah dulu," ungkapnya.
 

Jika kolam pembenihan sudah selesai dibentuk dan diperbaiki, barulah akan menambah bibit ikan lain.‎ Disini, rencananya akan mengunggulkan bibit ikan Selais ditambah ikan pendukung lainnya seperti ikan lele dan ikan nila.

Sementara itu untuk cikal bakal BBI yang di Palika, rencana Diskanlut akan akan melakukan pembenihan jenis ikan air laut. Di lahan yang berukuran 20 hektar itu nantinya akan mengunggulkan ikan Kakap Putih. Selain itu juga akan diberengi pembenihan ikan lain seperti udang faname dan kepiting.

"Untuk sekarang kita belum fokus pembenihan disitu. Tempat itu baru kita manfaatkan dulu untuk tempat pembesaran ikan saja sementara ini," terangnya.

Diungkapkan Amin, sambil melakukan pembenihan, pihaknya juga sekaligus melakukan penelitian terhadap perkembangan benih tersebut. Jika nantinya pembenihan ini berhasil, Diskanlut berencana a membuat program tersebut dapat dijalankan sendiri oleh kelompok nelayan yang ada di Rohil.

"Jika ini berhasil akan kita kembangkan lebih luas lagi. Kita kembangkan kepada masyarakat sebagai sumber mata pencaharian. Tapi kita lakukan pengamatan apakah layak untuk dikembangkan dengan jenis air yang ada kalau dinilai layak kita bangun tambak kepada masyarakat, kita beri mereka bantuan benih dan pakannya supaya berangsur beralih kebudidaaya," paparnya.

Baca Juga :
Siak Ditunjuk Pilot Project Akselerasi UKS/M se Riau

Untuk yang di Palika sendiri tambahnya lagi, telah mendapat respon positif dari Diskanlut Provinsi Riau. Saat ini, tenaga tehnis Diskanlut Rohil tengah mengikuti pelatihan pebenihan ikan di Batam.

"Alhamdulillah dapat perhatian dari Dinas Provinsi, pelatihan itu ditangung biayanya oleh mereka," ungkapnya.

Saat ini, BBI yang telah berhasil melakukan pembenihan berada di Ujung Tanjung telah banyak menghasilkan bibit ikan dan sedang memperbanyak produksinya. Di BBI ini, telah memiliki fasilitas yang lengkap seperti laboratorium dan timbangan analitis.

"Kita fokusnya tetap mengembangkan ikon ikan lokal. Kalau ketiganya ini berhasil lagi, kita sudah wacanakan akan menambah BBI di Rimba Melintang dan Pujud," tutupnya.   (***)




R24/msy 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam