riau24 Tindakan Preventif Karhutla, Tahun Depan Persiapkan TMC | Berita Riau
Sabtu, 10 Desember 2016

Pekanbaru

Tindakan Preventif Karhutla, Tahun Depan Persiapkan TMC

0
Tindakan Preventif Karhutla, Tahun Depan Persiapkan TMC
Berita Riau -  Tindakan Preventif Karhutla, Tahun Depan Persiapkan TMC
Riau24.com-Sebagai evaluasi dari prestasi Provinsi Riau yang mampu menghentikan dampak asap di kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada 2016 ini, dikatakan tahun depan akan mengantisipasi secara dini.

Seperti disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Edwar Sanger, antisipasi dini ini sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo.

"Sesuai arahan Presiden, Riau harus bisa mengantisipasi asap atau karhutla secara dini. Karena tahun ini, Negara tetangga, Singapore apresiasi kalau Indonesia bisa menanggulangi asap tahun 2016 ini," ujar Edwar, Kamis (24/11/16).

Seperti yang diketahui sebelumnya, Negara tetangga sempat mengingatkan Indonesia terkait asap pada 2015 lalu yang merugikan beberapa wilayah di Negara tetangga agar tidak terulang kembali di tahun 2016 ini.

"Kenapa Riau dikatakan sebagai ikon karhutla, karena negara tetangga, Singapura menjadi hup internasional. Sekali mereka terpapar, maka nama Indonesia langsung di disuarakan. Ketika muncul, maka Riau lah yag dikatakan karhutla, padahal kemaren itu anginnya saja. Paling banyak itu di Sumatera Selatan," kata Marsma TNI Henri Alfiandi.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya bencana asap seperti pada 2015 lalu, untuk mengantisipasi Marsma TNI Henri Alfiandi selaku Komandan Pangkalan Udara Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Riau menyarankan pada tahun 2017 untuk mempersiapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) terlebih dahulu.

"Tahun depan kita harus mengupayakan TMC terlebih dahulu, kesuksesan ini hendaknya dipertahankan kalau bisa ditingkatkan," kata Henri.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam