riau24 Cegah Karhutla Tahun Mendatang, Danrem Minta Perjelas Regulasi | Berita Riau
Sabtu, 10 Desember 2016

Pekanbaru

Cegah Karhutla Tahun Mendatang, Danrem Minta Perjelas Regulasi

0
Cegah Karhutla Tahun Mendatang, Danrem Minta Perjelas Regulasi
Berita Riau -  Cegah Karhutla Tahun Mendatang, Danrem Minta Perjelas Regulasi
Riau24.com-komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima, Brigjen TNI Nurendi mengatakan harus ada penerbitan regulasi terkait tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurutnya selama ini bantuan yang turun dalam mendukung penangan karhutla terkendala pada pendanaan terkait dengan regulasi yang menyamaratakan setiap bencana.

"Karena regulasi yang ada kan sementara teori nya itu adalah didukung bila sudah sampai darurat. Itu kan bencana alam yang begitu terjadi langsung dia darurat. Beda dengan karhutla," ujar Nurendi di Ruang Kenangan Kantor Gubernur Provinsi Riau, Kamis (24/11/16).

Sementara bencana karhutla sendiri kata Nurendi, punya tahapan yang tidak bisa diabaikan setiap rentetannya. "Inikan bencana karhutla ini penyebabnya oleh manusia dapat terlihat ada rambatannya. Mulai dari api kecil bahkan tidak ada api apa yang harus kita lakukan misalnya sosialisasi, edukasi dan patroli untuk membangun infrastruktur, itukan patroli perlu," lanjut Nurendi.

Selain itu juga, regulasi ini kedepan untuk menegaskan pihak terkait yang bertanggung jawab dalam penanganan dan pencegahan karhutla.

"Regulasi misalnya saja siapa yang berkompeten disitu untuk mendukung para petugas petugas yang berada di lapangan untk melakukan pencegahan agar supaya tidak terjadinya karhutla. Kan itu tidak hanya tni dan polisi sebagai pelaksana lapangan tetapi kan seluruh komponen, bahkan kementerian juga banyak yang terlibat disitu apalagi kalau sudah naik siaga darurat," pungkas Nurendi.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam