riau24 Soekarno Jual Mobil Setara Lamborghini Demi Patung Ini | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Tahukah Anda

Soekarno Jual Mobil Setara Lamborghini Demi Patung Ini

0
Soekarno Jual Mobil Setara Lamborghini Demi Patung Ini
Berita Riau -  Soekarno Jual Mobil Setara Lamborghini Demi Patung Ini
Riau24.com-Siapa yang tidak tahu dengan Patung Dirgantara alias Patung Pancoran, begitu kebanyakan masyarakat mengenalnya. Patung yang dikatakan oleh Sadirin, Ahli Konservatori sebagai patung yang belum rampung dikerjakan ini merupakan karya Edhi Sunarso sekitar tahun 1964-1965.

Patung ini awalnya digagas Presiden Soekarno agar ada patung yang menggambarkan kekuatan dan kemegahan dunia penerbangan Indonesia atau kedirgantaraan. Patung ini menggambarkan manusia angkasa yang  memiliki semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa. Karenanya, Patung  dinamakan oleh Soekarno, "Patung Dirgantara".

Dalam mewujudkan idenya, bahkan dikatakan Presiden Soekarno mencontohkan dengan tubuhnya bagaiamana seharusnya patung tersebut dibuat. Sebelum maket patung dikerjakan oleh Edhi, pria kelahiran Salatiga, 2 Juli 1932 lalu, Bung Karno berkali-kali memperagakan bagaimana bentuk patungnya harus berdiri. 

Patung ini pun sempat terkendala karena terhalang G 30 S/PKI. Oleh karena itu, deni melanjutkan pembangunan patung tersebut, Bung Karno bahkan sampai menjual sebuah mobil pribadinya. Dahulu mobil presiden bernilai sangat mahal pada zamannya (perbandingan zaman sekarang sama halnya dengan harga mobil lamborghini Gallardo Murciélago LP 670-4 SuperVeloce sekitar 9,5 M).

Sementara biaya awalnya ditanggung oleh Edhi, sang pemahat. Bung Karno menjual mobil pribadinya seharga 1 juta rupiah pada waktu itu. Pemerintah sendiri hanya membayar 5 juta rupiah. Sisanya, sebesar 6 juta rupiah, menjadi hutang pemerintah yang sampai saat ini tidak pernah terbayar. Total biaya pembuatan Patung Dirgantara atau Patung Pancoran pada tahun 1964 adalah 12 juta rupiah.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam