riau24 Cara Mudah Mengerjakan Matematika | Berita Riau
Minggu, 11 Desember 2016

TAHUKAH ANDA

Cara Mudah Mengerjakan Matematika

0
Cara Mudah Mengerjakan Matematika
Berita Riau -  Cara Mudah Mengerjakan Matematika
Pekanbaru, Riau24.comKebanyakan anak sekolah mengakui kerumitan mengerjakan soal matematika. Terlepas dari mereka yang memang menyukai pelajaran ini, tidak sedikit yang dengan susah payah menghindar dari jeratan soal-soal matematika.

Matematika memang masih jadi momok alias hantu buat sebagian orang karena dianggap susah dan tidak bisa hanya dengan modal dihafal. Meski dibilang super susah dan sulit, di jenjang pendidikan Indonesia khususnya, mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi, anda tetap saja bertemu pelajaran yang satu ini. Termasuk jika anda pilih jurusan yang paling gampang sekali pun, anda tetap tidak bisa menghindar dari matematika.

Belakangan ini, netizen sedang dihebohkan dengan salah satu soal yang lagi ramai buat dipecahkan. Soal tersebut baru muncul di YouTube Mind Your Decision. Soal matematika ini berasal dari Jepang buat anak-anak SMA keatas. Beberapa kali sudah diuji coba mulai dari yang berusia 20-an tahun. Dari semua peserta yang berusaha mencari jawaban, ternyata setengah dari yang mengikuti memecahkan soal tersebut tidak berhasil. Sementara yang lainnya masih salah karena terjebak dalam mencari jawaban.

Soal ini sebenarnya bukanlah soal yang tergolong rumit-rumit. Bukan sekelas soal-soal olimpiade nasional ataupun internasional, soal matematika ini hanya soal biasa yang seharusnya bisa diselesaikan. Tapi untuk menyelesaikan soal matematika ini, sebagian besar lupa memperhatikan urutan dan peraturan tentang penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Urutan yang tepat untuk menyelesaikan soal matematika adalah dengan memperhatikan urutan KaBaTaKu ( kali, bagi, tambah, kurang).

Dalam video tersebut, terlihat mereka lebih fokus atau terjebak ke soal pecahan satu per tiga sehingga lupa sama aturan tentang kabataku.

Bagi anda yang mendahulukan bilangan pecahan satu per tiga, biasanya jawaban dari soal ini adalah 9. Cara mencari jawabannya biasanya seperti ini.



Tapi, jawaban yang benar dari soal ini adalah 1. Kenapa bisa 1? Coba ikuti aturan kabataku. Perhatikan tanda operasi matematikanya dan terapkan untuk mencari jawaban soal ini. Dahulukan mana yang harus didahulukan. Kalau aturan itu kamu ikuti, kira-kira proses mencari jawabannya begini.





Salah satu dosen matematika FKIP UR Kartini, M.Si mengatakan Pelajaran yang satu ini memang tidak bisa jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari. Ditipa jenjang pendidikan pasti akan dijumpai pelajaran ini.
"Makanya, daripada cuma gerutu terus, kan lebih baik coba-coba gimana cara memecahkan soal matematika yang ada. Matematika itu tidak sulit, yang penting mengerti proses-prosesnya,"tuturnya.   (***)



 

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam