riau24 Terkait Rendahnya Pendapatan Asli Daerah Rohul, Dewan Soroti Kinerja Pemkab | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Anggaran

Terkait Rendahnya Pendapatan Asli Daerah Rohul, Dewan Soroti Kinerja Pemkab

0
Terkait Rendahnya Pendapatan Asli Daerah Rohul, Dewan Soroti Kinerja Pemkab
Berita Riau -  Terkait Rendahnya Pendapatan Asli Daerah Rohul, Dewan Soroti Kinerja Pemkab
Rohul, Riau24.com -  Dewan menyoroti kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul terkait rendahnya realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dampaknya, Ketua DPRD Rohul pun meminta Pemkab segera buat kajian starategis terkait Potensi PAD, sehingga pendapatan bisa ditingkatkan.

“Peningkatan PAD memang jadi tantangan kita selama 17 tahun Rohul berdiri. Dan selama 10 tahun ini memang terjadi peningkatan signifikan terhadap PAD, namun realisasi PAD sekarang belumlah dapat dijadikan sebagai tulang punggung pembangunan,” terang Ketua DPRD Rohul, Kelmi Amri SH kepada awak media.

Kelmi Amri mengatakan, DPRD Rohul sudah memberikan rekomendasi ke Pemerintah daerah untuk menuangkan kajian strategi potensi PAD di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJMD) dan juga APBD 2017.


Baca Juga :
Cara Mudah Mengerjakan Matematika

Apalagi dengan sudah dipisahkanya Dinas Pendapatan, Dengan Dinas Pengelolaan Keuangan Aset, maka diharapkan pemerintah agar dapat lebih fokus cari sumber PAD.

“Tahun 2017, Pemkab Rohul wajib lakukan kajian potensi PAD secara makro,” imbau Kelmi. Katanya lagi, dalam kajian strategis, nantinya akan dihitung berapa sebenarnya potensi PAD Rohul.

Dan berdasarkan kajian potensi PAD tersebut pemerintah dapat merumuskan target PAD setiap tahunnya dengan mengacu pada potensi yang ada bukan berdasarkan realisasi target tahun sebelumnya. Dengan adanya gambaran potensi PAD tersebut, bila tidak tercapai pemerintah sudah memiliki parameter dalam menetapkan target PADnya.

“Selama inikan tidak, pemerintah menetapkan target itu hanya mengacu berdasarkan realisasi tahun lalu saja,“ ungkapnya.

Kemudian, beberapa contoh di sektor potensi PAD strategis yang sudah ada, di sisi pendapatan namun tidak trhimpun dengan baik dalam perhitungan PAD-nya, yakni Pajak Usaha Sarang Walet, IMB, Pajak Air Bawah Tanah, serta Air Permukaan.

“Padahal, bila potensinya tergambar dengan baik, maka, jumlah sumbangan PAD dari sektor tersebut jumlahnya cukup signifikan,” bebernya.

Bahkan Ketua DPRD optimis, jika Pemkab Rohul dapat memetakan berapa sebenarnya potensi PAD Rohul saat ini, maka PAD akan menjadi sumber uitama APBD Rohul.

“Mungkin saja hari ini PAD kita baru Rp97 miliar per tahun, namun kita optimis di masa pemerintahan sekarang PAD kita dapat meningkat menjadi Rp 175 miliar,” harapnya.   (***)




R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam