riau24 Kasus Pelecehan Seksual Membuat Geger Persepakbolaan Inggris | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Sport

Kasus Pelecehan Seksual Membuat Geger Persepakbolaan Inggris

0
Kasus Pelecehan Seksual Membuat Geger Persepakbolaan Inggris
Berita Riau -  Kasus Pelecehan Seksual Membuat Geger Persepakbolaan Inggris
Jakarta, Riau24.comPara mantan pemain sepakbola menceritakan pelecehan seksual yang mereka alami oleh pelatih mereka saat mereka menjadi pemain sepakbola muda.

Yang pertama kali melaporkan adalah Andy Woodward pekan lalu.

Ia menangis saat mendengar dua mantan pemain bola lain, Chris Unsworth dan Jason Dunford menceritakan pelecehan seksual yang pertama kali mereka alami yang dilakukan mantan pelatih klub Crewe Alexandra, Barry Bennell.

Andy Woodward, yang bermain untuk klub Bury and Sheffield United, mengalami pelecehan sewaktu dia bergabung di klub Crewe Alexandra sejak umur 11-15 tahun.

Sejak cerita Woodward muncul di khalayak umum, beberapa mantan pemain sepak bola telah membuat pernyataan bahwa mereka mengalami pelecehan seksual saat mereka masih anak-anak oleh para pelatih, beberapa dari mereka dilakukan oleh Bennell.

Chris Unsworth mengatakan dia "tidak pernah menceritakannya kepada siapapun" bahwa dia diperkosa hingga 100 kali.

Dia mengatakan dia tinggal di rumah Bennell beberapa kali dan kadang-kadang ada dua atau tiga anak laki-laki yang berada di tempat tidur Bennell, di mana dia melecehkan mereka.

"Kami tidak pernah saling berbicara tentang hal tersebut," kata Unsworth. "Saya diperkosa antara 50 hingga 100 kali."

Dia bilang dia berumur sembilan tahun saat pelecehan tersebut mulai terjadi.

"Saya tahu apa yang saya inginkan (keluar dari persepakbolaan), dan saya pikir ini yang harus saya lalui. Saya tahu itu salah, tapi saya membiarkannya," ujar Unsworth.

Dia meninggalkan persepakbolaan pada umur 16 tahun dan menjadi pemain golf profesional.

Unsworth mengatakan, "Kedua orang tua saya sudah meninggal dan itu membuat saya sakit hati karena tidak memberi tahu mereka. Saya tidak tahu jika itu adalah tindakan yang benar... karena mereka pasti menyalahkan diri mereka sendiri."

Sedangkan Jason Dunford memiliki kisah yang lain. Dunford mengatakan pada waktu itu dia menginap di perkemahan liburan Butlins setelah memenangkan pertandingan sepak bola, saat Bennell mencoba untuk menyentuh dia di tempat tidur.

Dunford mengatakan, "Saya mengumpat dan menyuruh dia untuk pergi, saya ingat saya memukul dia."

Walaupun Bennell tidak membalasnya, Dunford mengatakan dia tidak akan pernah lupa 'tatapan bengis' Bennell.

Dunford mengatakan, setelah itu Bennell mulai 'menyiksa' dia, "mengeluarkan saya dari tim, memberi tahu saya akan bermain, tapi pada Minggu membatalkannya lagi."

Dunford meninggalkan tim anak-anak Manchester City, dan pindah ke tim lainnya. Pada suatu saat, kata Dunford, pelatih lainnya juga mencoba untuk melecehkan dia.

Dia mengatakan, "Dia (pelatih dari tim lain) mengajak saya dan dua anak laki-laki lainnya untuk menginap semalam di rumahnya sebelum pertandingan, dan kami semua tidur di tempat tidur yang sama."

"Dia mulai menyentuh saya. Saya menampik tangannya."

"Saya bangun tidur dan pelatih tersebut sedang menyentuh salah satu anak laki-laki."

Dunford saat ini memberikan laporan kepada polisi.

Polisi wilayah Cheshire mengatakan 11 orang memberikan laporan sejak Woodward menceritakan pengalamannya, termasuk mantan pemain Crewe Alexandra, Steve Walters, 44 tahun, yang mengatakan dia mengalami pelecehan oleh Bennell saat dia berumur 13 atau 14 tahun saat perjalanan ke Anglesey.

"Saya merasa sangat marah dan sedih, tapi (setelah bercerita) rasanya seperti beban ratusan ton terangkat dari bahu saya," katanya.

Walters merasa kariernya telah rusak dan ingin lebih banyak orang perlu bercerita, khususnya "rekan-rekan tim yang 'memiliki nama' di luar sana."

"Saya ingin keadilan sekarang," katanya. "Dunia persepakbolaan terpecah belah dan peristiwa ini tidak akan pernah terjadi lagi terhadap pemain muda lainnya."

Mantan pemain klub Tottenham and England, Paul Stewart, mengatakan kepada BBC 'ratusan' anak kemungkinan telah mengalami pelecehan seksual oleh orang-orang di dalam persepakbolaan.

Stewart, 52 tahun, mengatakan dia telah dilecehkan secara seksual oleh seorang pelatih selama empat tahun hingga dia berumur 15 tahun.

Dia juga mengklaim:

Pelaku pelecehan seksual melakukan kejahatannya selama beberapa tahun dan Stewart telah berbicara dengan korban lainnya.
Pelaku pelecehan seksual terhadap Stewart mengenali Bennell dan menyebutnya "hampir membenarkan" pelecehan tersebut.
Dua pelatih tersebut "dikaitkan" dengan dua pria lainnya "melakukan hal yang sama terhadap anak-anak".
Dia "tidak memiliki bukti" keterkaitan mereka, tapi mengatakan dia percaya "mereka semua bersekongkol."
Stewart akan berbicara kepada polisi tentang pernyataan kasus pelecehan yang dia alami.

Siapa saja yang telah berbicara di depan publik?

16 November: Mantan pemain Bury and Sheffield United, Andy Woodward, 43 tahun, memberi tahu surat kabar The Guardian dia telah dilecehkan secara seksual oleh pedofil dan mantan pelatih sepak bola, Barry Bennell, sewaktu di klub Crewe Alexandra saat dia berumur antara 11-15 tahun.

22 November: Steve Walters, 44 tahun, juga mengklaim dia dilecehkan secara seksual oleh Bennell saat bergabung di klub Crewe. Walters, yang menjadi pemain termuda di klub tersebut pada 1988, juga membuat pernyataan kepada The Guardian.

23 November: Mantan pemain sepak bola England and Tottenham, Paul Stewart, 52 tahun, mengatakan kepada surat kabar Mirror dia telah dilecehkan secara seksual saat pemain muda. Stewart yang mulai karier profesionalnya dengan klub Blackpool dan juga bermain untuk Manchester City dan Liverpool, mengklaim seorang pelatih tanpa memberi tahu namanya -bukan Bennell- melecehkan dia setiap hari selama empat tahun.

23 November: Mantan pemain penyerang Manchester City, David White, 49 tahun menyatakan dia juga dilecehkan secara seksual oleh Bennell pada akhir 1970-an dan awal 1980-an sewaktu dia bermain untuk tim junior Whitehill di Manchester.

24 November: Berdasarkan The Guardian, seorang mantan pemain sepak bola yang tak mau disebutkan namanya telah menghubungi polisi untuk mengatakan dia adalah korban George Ormond, mantan pelatih tim pemuda Newcastle United yang dipenjara pada 2002 atas pelanggaran terhadap pemain sepak bola muda di Newcastle.

25 November: Jason Dunford dan Chris Unsworth berbicara dalam program TV Victoria Derbyshire. Mereka mengatakan mereka dilecehkan oleh Bennell saat mereka menjadi pemain muda.   (***)




R24/dev 

Sumber:
bbcindonesia
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita PekanbaruBerita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam