riau24 113,56 Hektar Kawasan Kumuh di Pekanbaru Akan Dibersihkan | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Pekanbaru

113,56 Hektar Kawasan Kumuh di Pekanbaru Akan Dibersihkan

0
Asisten II Setdako Pekanbaru, Dedi Gusriady
Berita Riau -  113,56 Hektar Kawasan Kumuh di Pekanbaru Akan Dibersihkan
Riau24.com- Setelah Peraturan Daerah (Perda) mengenai Penanggulangan Kawasan Kumuh disahkan oleh DPRD Kota Pekanbaru, maka 113,56 hektar kawasan kumuh di Pekanbaru segera dibersihkan.


Hal itu dikatakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru, Dedi Gusriadi. Dedi menyebut, 113,56 hektar tersebut terdapat di 19 kelurahan di Pekanbaru.


19 kelurahan tersebut, kata Dedi, terdapat di enam kecamatan yakni Kecamatan Senapelan, Limapuluh, Rumbai Pesisir, Tampan, Pekanbaru Kota dan Payung Sekaki.


"Pengentasan kawasan kumuh di wilayah  itu dilakukan dengan program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh). Dimana dengan memberdayakan masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut," kata Dedi.


Dedi menjelaskan, yang menjalankan program Kotaku ini adalah masyarakat tempatan seperti melaksanakan dan mengawasinya. Sementara, kata dia, pemerintah hanya menggelontorkan dana saja.


Diterangkannya, jika dibandingkan daerah lain seperti Provisi Sumatera Utara dan di Kepulauan Jawa, kawasan kumuh di Riau masih terbilang kecil. "Kota kita baru terbangun 30 persen, yang kumuh itu letaknya di kota lama," terangnya.


Dedi menuturkan, persyaratan luas daerah atau wilayah terhadap pencegahan rumah kumuh ini dibagi tiga, yaitu di bawah 5 hektar menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota, 5-10 hektar menjadi kewenangan provinsi dan di atas 10 hektar menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

   
R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam