riau24 Plt Walikota Sepakat dengan Keberatan DPRD Terhadap Perda Parkir | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Plt Walikota Sepakat dengan Keberatan DPRD Terhadap Perda Parkir

0
Plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger
Berita Riau -  Plt Walikota Sepakat dengan Keberatan DPRD Terhadap Perda Parkir
Riau24.com- Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger seakan setuju dengan keberatan yang dilontarkan oleh beberapa Anggota DPRD Kota Pekanbaru terkait pemberlakukan Peraturan Daerah (Perda) parkir di Pekanbaru.


"Kalau anggota dewan keberatan, bagus itu," kata Edwar yang ditemui Riau24.com di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (28/11/2016).


Namun Edwar menuturkan, saat ini dirinya tengah mempelajari Perda parkir tersebut. "Saya mau pelajari dulu, karena Perwako nya kan juga belum. Perda ini harus dikaji dulu secara komprehensif agar nanti jangan sampai memberatkan masyarakat," ungkapnya.


Edwar tak ingin Perda parkir ini nantinya akan membebani masyarakat. "Secara prinsip, kota tidak mau membebani maayarakat dengan Perda parkir ini. Kalaupun nanti diterapkan, ya tentu kita harus sosialisasi dulu. Kita lihat dampaknya apalagi dengan situasi sulit seperti sekarang ini," imbuhnya.


Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Yose Saputra membantah jika seluruh anggota DPRD telah mengesahkan Perda tersebut.


"Kita tidak mau semua DPRD dikatakan mengesahlan dan menetapkan tarif parkir. Beberapa anggota DPRD ada yang tidak setuju karena tarif parkirnya akan mencekik warga," kata Yose.


Yose menyebut, Perda tarif parkir tersebut akan menimbulkan dampak sosial. Itu artinya, kata dia, masyarakat sudah pasti akan keberatan dan tentunya akan membuat kondisi masyarakat tidak kondusif lagi. "Dikhawatirkan juga akan ada gelombang protes ke DPRD," sambungnya.


"Pakai tarif lama aja, kita tak setuju dinaikkan. Mengenai meningkatkan PAD, saya pastikan tidak akan meningkat dengan sistem menaikkan tarif tersebut. Untuk target, saya juga pesimis tak akan sesuai harapan, coba cek ke Dishub dan Dispenda," tegas Yose mengakhiri.


Diberitakan sebelumnya, tarif parkir di Kota Pekanbaru dibagi menjadi empat zona, yakni untuk zona I tarif parkir roda empat dipungut Rp8 ribu dan roda dua Rp4 ribu. Lalu zona II, roda empat dipungut Rp5 ribu dan roda dua Rp3 ribu. Selanjutnya zona III, roda empat dipungut Rp2 ribu, roda dua Rp1000 dan roda 6 Rp10 ribu. Terakhir zona IV roda empat dipungut Rp2 ribu dan roda dua Rp 1.000.


Alasan kenaikan tarif ini disebut dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan pada jalan-jalan yang tingkat kejenuhan lalu lintasnya sudah tinggi. Meski belum disebutkan, jalan yang masuk pada zona I diperkirakan adalah Jalan Jenderal Sudirman. 


Perda diklaim baru akan berlaku paling cepat tahun 2017 mendatang. Sebagai penjelasan hal-hal teknis, terhadap perda tersebut nantinya harus diikuti dengan dikeluarkannya Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru. Pada perwako akan tercantum zona mana saja yang merupakan zona I, II, III, dan IV.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam