riau24 SPSI Khawatir Tenaga Kerja Riau Akan Dikuasai Asing | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Pekanbaru

SPSI Khawatir Tenaga Kerja Riau Akan Dikuasai Asing

0
SPSI Khawatir Tenaga Kerja Riau Akan Dikuasai Asing
Berita Riau -  SPSI Khawatir Tenaga Kerja Riau Akan Dikuasai Asing
Riau24.com- Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Riau, Nursal Tanjung mengaku khawatir terhadap kondisi tenaga kerja di Provinsi Riau yang kini tengah menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Ia mengatakan, pekerja di Riau harus dibekali mengenai pengetahuan dan kemampuan untuk melindungi dirinya sendiri ditengah terpaan tenaga kerja asing.


Nursal menuturkan, pekerja di Riau harus mengetahui dan dibekali pengetahuan mengenai peraturan dan Undang-undang ketenagakerjaan agar tidak mudah diintimidasi oleh pihak perusahaan maupun atasannya.


"SPSI sudah melakukan berbagai kegiatan seminar dan lokakarya untuk memberi pendidikan dan pengetahuan kepada pekerja di Riau. SPSI diperlukan sebagai wadah yang melindungi hak-hak para pekerja sesuai dengan UU yang berlaku," tutur Nursal kepada wartawan, Selasa (29/11/2016).


Nursal juga mengungkapkan, UU yang perlu dipahami oleh pekerja adalah UU Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Buruh/ Serikat Pekerja, UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Hubungan Industrial.


Dengan masuknya MEA, lanjutnya, tenaga kerja khususnga di Riau harus memiliki daya saing yang tinggi agar tak seluruhnya tenaga kerja di Riau dikuasai oleh asing.


Menurutnya, tenaga kerja harus memiliki etos kerja yang tinggi sehingga Provinsi Riau dapat tumbuh berkembang dengan pesat dengan investasi-investasi yang lebih banyak di Riau.


"Menyangkut kerjasama antara pekerja dengan pemerintah, pengusaha juga diminta untuk menghasilkan solusi untuk pekerja agar nyaman untuk bekerja. Pekerja jangan hanya dianggap sebagai alat, tapi juga sebagai aset untuk pertumbuhan pembangunan di Riau," tandasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam