riau24 Ini Rekomendasi Konfederasi SPSI Kepada Pemprov Riau | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Ini Rekomendasi Konfederasi SPSI Kepada Pemprov Riau

0
Ketua Konfederasi SPSI Provinsi Riau, Nursal Tanjung
Berita Riau -  Ini Rekomendasi Konfederasi SPSI Kepada Pemprov Riau
Riau24.com- Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Provinsi Riau telah membuat program kerja hasil Rankerda KSPSI. Dalam Rankerda tersebut, terdapat beberapa rekomendasi yang ditujukan pada Pemerintah Provinsi Riau.


Ketua Konfederasi SPSI Riau, Nursal Tanjung mengatakan rekomendasi pertama yang disampaikan kepada Pemprov Riau yakni mendesak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Riau serta kabupaten/ kota untuk menigkatkan pengawasan terhadap Undang-undang ketenagakerjaan dan sistem kerja Out Sourching.


"Siatem Out Soursching ini perbudakan jaman modern, mereka (pekerja) ini seharusnya mendapatkan upah yang sesuai," kata Nursal, Rabu (30/11/2016).


Lalu Nursal juga menyebut, pihaknya juga mendesak pemerintah untuk membebaskan pekerja dari pembayaran iuran asuransi kesehatan seperti BPJS.


Lanjutnya, SPSI Riau mendesak Disnaker Riau untuk memberi kesempatan kepada KSPSI untuk dapat menggunakan fasilitas Balai Lingkungan Kerja (BLK) di semua wilayah untuk pendidikan pekerja.


"Kita juga ingin pekerja dapat meningkatkan hubungan industrial dengan bekerja aktif bersama Dinas Tenaga Kerja, Kamar Dagang Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Indonesia," ujarnya.


Rekomendasi lainnya yang disampaikan Nursal yaitu menjajaki kemungkinan pembangunan rumah murah untuk para pekerja.


"Saat ini memang ada program 1 juta rumah serta kerjasama antara SPSI dengan pemerintah, pekerja dapat rumah murah dengan uang muka dan angsuran yang ringan," ucapnya.


Selanjutnya, SPSI Riau juga ingin menjajaki panti asuhan anak yatim bagi pekerja dan anggota SPSI. Lalu, sambungnya, mengembangkan peran koperasi SPSI provinsi Riau.


SPSI Riau juga merekomendasikan untuk menjajaki perkebunan. Terakhir, membuat tempat balai pelatihan kerja.


"Pelatihan itu penting untuk meningkatkan etos kerja dan profesionalisme pekerja yang bersaing dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Terakhir membentuk lembaga bantuan hukum," imbuhnya.


R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam