riau24 Pemkab Rohul Tunda Pengusulan KUA-PPAS 2017 | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Anggaran

Pemkab Rohul Tunda Pengusulan KUA-PPAS 2017

0
Pemkab Rohul Tunda Pengusulan KUA-PPAS 2017
Berita Riau -  Pemkab Rohul Tunda Pengusulan KUA-PPAS 2017
Rohul, Riau24.comRencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengajukan Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Pagu Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2017, bersamaan dengan disahkannya APBD Perubahan 2016 tertunda.

Tertundanya ajuan KUA-PPAS2017 karena Pemkab Rohul masih lakukan penyesuaian urusan kewenangan perangkat daerah sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut informasi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Rohul, yang juga Sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Nifzar mengatakan penyesuaian urusan kewenangan dilakukan karena masih ada urusan yang tidak berpindah ke provinsi dan pusat, namun instansinya sudah ditarik ke Provinsi serta Pusat.

Baca Juga :
ASN RSUD Masih Kecewa Meski Telah Bertemu Gubernur

Sehingga, Pemkab Rohul harus menyusun Rencana Strategis (Renstra) SKPD berdasarkan OPD baru yang nantinya akan dituangkan dalam Rencana Kerja (Renja) 2017 sebagai tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2016-2021.

Nifzar juga mencontohkan, seperti halnya Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) yang kini tidak lagi menjadi bagian dari OPD Rohul, sementara kegiatan di Distamben cukup banyak seperti pemenuhan listrik desa, listrik Islamic Center, lampu jalan, dan bahan bakar pembangkit listrik.

“Juga sama halnya dengan kewenangan pendidikan menengah yang kini sudah ditarik ke provinsi. Sementara saat ini masih banyak program peningkatkan APK dan APM, angka sekolah dan angka lama sekolah serta perlunya penambahan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan menegah di Rohul,” tegasnya.

Juga diakui Nifzar, tahapan penyusunan terkait penyesuaian terhadap urusan kewenangan perangkat daerah sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2016, tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hampir final dilakukan.
Diharapkan dengan rampungnya tahapan penyesuaian ini seluruh kewenangan kabupaten dapat terakomodir oleh dinas terkait di OPD baru nantinya.

“Saat itu selesai, maka pemerintah akan memacu KUA-PPAS 2017 berdasarkan RKPD setelah perbaikan. Ini nantinya yang akan menjadi dasar pedoman penyusunan APBD 2017. Diperkirakan, minggu depan kita sudah dapat sampaikan KUA-PPAS 2017 ke DPRD, untuk diagendakan di Badan Musyawarah (Bamus),” jelasnya.

Ditanya terkait pejabat yang akan mengelola anggaran pada OPD baru, serta melakukan pembahasan KUA-PPAS 2017 hingga RAPBD murni 2017, Nifzar menegaskan, Pemkab Rohul nantinya akan menerbitkan surat keputusan penanggung jawab terhadap penyusunan Rencana Strategis SKPD, Rencana Kerja 2017, sekaligus membahas KUA-PPAS hingga RAPBD Murni 2017 dengan DPRD.
 

“Terkait SK penanggungjawab, itu hanya membahas Renstra dan Renja 2017 tidak untuk kebijakan terkait jabatan yang dijabat. Sementara pejabat yang mengisi OPD baru nantinya, akan menunggu Kebijakan Pimpinan Daerah,” paparnya.    (***)





R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam