riau24 Plt Walikota: Habis Asap Terbitlah Banjir | Berita Riau
Minggu, 04 Desember 2016

Pekanbaru

Plt Walikota: Habis Asap Terbitlah Banjir

0
Plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger
Berita Riau -  Plt Walikota: Habis Asap Terbitlah Banjir
Riau24.com- Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger mengatakan tingkat curah hujan yang tinggi mengakibatkan Pekanbaru menjadi rawan banjir. Banjir itupun juga disebabkan oleh beberapa faktor.


Namun, Edwar masih belum menetapkan status siaga darurat banjir di Kota Pekanbaru. Untuk pendirian posko pun, Edwar menyebut pihaknya masih akan mengkaji hal tersebut.


"Kita kaji dulu. Kalau memang perlu akan kita siapkan. Saat ini yang sudah menetapkan status siaga darurat banjir kan baru Kabupaten Pelalawan," ujar Edwar yang juga merupakan Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau.


"Kalau saya lihat ini habis asap terbitlah banjir. Memang cuaca dan kondisional kita seperti ini. Karhutla kita bisa tekan, tapi musim hujan harus dihadapi juga," ucapnya lagi.


Sebelumnya, Edwar menyebut ada tiga daerah di Pekanbaru yang rawan terjadi banjir yakni dekat Sungai Sail, Rumbai Pesisir dan Marpoyan Damai.


Edwar menjelaskan, kawasan itu rawan karena lokasinya yang berada di tepian Sungai Siak dan adanya anak-anak sungai yang mengalami pendangkalan.


“Saya sudah lihat seperti di Marpoyan Damai, simpul hilir aliran sungainya mengecil. Tetapi hilirnya tersebut berada di Kabupaten Kampar. Kalau tidak dibesarkan akan begitu terus. Makanya saya sudah koordinasi dengan bupatinya Jefri Noer dan mereka siap untuk membantu memperlebar hilirnya,” kata Edwar.


Edwar menyebut, untuk mengatasi masalah banjir ini, tak dapat diselesaikan oleh dirinya saja, namun juga dibutuhkan peran seluruh pihak.


“Butuh kepedulian bersama, komunikasinya lintas sektoral. Selain juga masyarakat bersama-sama membantu bersihkan drainase-drainase, ini supaya air hujan tidak langsung meluap,” imbuhnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam