riau24 Ternyata Presiden Indonesia Ini Pernah Kencingi Orang Satu Pesawat | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

TAHUKAH ANDA

Ternyata Presiden Indonesia Ini Pernah Kencingi Orang Satu Pesawat

0
Ternyata Presiden Indonesia Ini Pernah Kencingi Orang Satu Pesawat
Berita Riau -  Ternyata Presiden Indonesia Ini Pernah Kencingi Orang Satu Pesawat
Riau24.com-Kisah ini diceritakan Soekarno dalam biografinya yang ditulis Cindy Adams yaitu Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang diterbitkan Yayasan Bung Karno tahun 2007.

Kejadian tersebut bermula ketika Presiden RI pertama beserta wakilnya, Soekarno Dan Mohammad Hatta dipanggil oleh pemimpin pasukan tertinggi Jepang di Asi Tenggara, Terauchi, pada tanggal 8 Agustus 1945.

Kala itu, mereka diinstruksikan untuk menemui Terauchi ke Negawa Vietnam tanpa menjelaskan maksudnya sehingga membuat Presiden RI ini penasaran dengan tujuan pemanggilan tersebut. Kemudian berangkatlah mereka dengan diiringi 20 pejabat tinggi militer Jepang.

Dalam pertemuan di Dalath ini, ternyata berisi informasi penting dalam sejarah kemerdekaan RI yaitu pernyataan Jepang yang berjanji tidak akan menghalang-halangi kemerdekaan Indonesia.

Jepang saat itu sadar mereka sudah dikalahkan pasukan sekutu dalam Perang Dunia kedua du Pasifik. Kondisi peperangan sama sekali berubah. Jepang sudah kalah habis-habisan dengan di bomnya dua wilayah mereka yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Dengan berita baik tersebut, Soekarno dan Hatta pulang ke Indonesia namun tidak dengan pesawat yang sama dengan pesawat yang mengangkut mereka kala berangkat melainkan naik pesawat pembom yang sudah rongsokan. Banyak lubang bekas tembakan di badan pesawat itu.

Pesawat itu juga tidak memiliki tempat duduk. Para penumpang duduk di lantai pesawat atau berbaring. Tidak ada juga pemanas, sehingga para penumpang menggigil kedinginan. Lebih parahnya lagi, pesawar tersebut tidak menyediakan fasilitas kamar kecil.

Malangnya kala itu, Presiden RI ingin buang air kecil dan berbisik pada Suharto yang merupaka. Dokter pribadinya. “Aku ingin kencing. Apa yang harus kulakukan?” bisik Soekarno.

Suharto juga bingung karena tidak ada kamar kecil. Maka dia menunjuk bagian ekor pesawat yang penuh lubang bekas tembakan. “Tidak ada tempatnya, jadi tidak ada jalan lain. Bung harus kencing di sana,” jawab Suharto.

“Baiklah. Aku melangkah pelan-pelan ke bagian belakang pesawat dan melampiaskan hajatku. Dan baru aku mulai, tiupan angin yang keras menghempas melalui lubang-lubang bekas peluru dan menyemburkan air itu ke seluruh ruangan pesawat. Kawan-kawanku yang malang itu mandi dengan air istimewa,” beber Soekarno dalam buku tersebut.

Saat mendarat di Jakarta, para pemimpin bangsa itu masih setengah basah dengan air kencing sang pemimpin besar revolusi. Tak dijelaskan bagaimana reaksi Hatta dan yang lainnya saat terkena air kencing Soekarno.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam