riau24 Dilepas Untuk Praktek Kerja Industri, Para Siswa Diminta Jaga Nama Baik Sekolah | Berita Riau
Selasa, 28 Maret 2017

Siswa Kejuruan

Dilepas Untuk Praktek Kerja Industri, Para Siswa Diminta Jaga Nama Baik Sekolah

0
Dilepas Untuk Praktek Kerja Industri, Para Siswa Diminta Jaga Nama Baik Sekolah
Berita Riau -  Dilepas Untuk Praktek Kerja Industri, Para Siswa Diminta Jaga Nama Baik Sekolah
Siak, Riau24.com  - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak Syafrilenti melepas 89 pelajar SMK Negeri 1 Siak (Kelompok Pariwisata) yang mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakering) Angkatan ke-3 di sejumlah dinas, BUMD dan perusahaan yang ada di Riau, bertempat di TK PEMDA Kabupaten Siak, Jumat 6 Desember 2017.

Acara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Kadri Yafis, Kepala SMKN 1 Siak Diana, Ketua Komite Sekolah SMK N 1 Siak Khairul Anwar, Kepela UPTD Kecamatan Siak Pane, Pimpinan Dunia Usaha dan dunia Industri serta puluhan siswa/i yang akan mengikuti Prakerin.

Dalam kesempatan itu Syafrilenti berpesan kepada pelajar untuk dapat menjaga nama baik sekolah dan daerah selama menjalankan program magang.

"Nanti bila sudah masuk dalam kondisi kerja yang sebenarnya harus pandai membawa diri, jaga nama baik sekolah dan daerah kita. Belajar dengan baik, sedot ilmunya agar kalian semua bisa berkembang dan dapat mengembangkan diri," harapnya.

Saat memberikan sambutan, Asisten II Setda Kabupaten Siak mengatakan, "Untuk saat ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pilihan utama. Jangan ada anggapan bagi anak- anak semua bahwa masuk SMK itu adalah pilihan terakhir daripada tidak sekolah. Karena dalam dunia kerja sekarang ini, keahlian khusus memang dibutuhkan", tegasnya.

Dikatakannya juga, tuntutan pendidikan kejuruan ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga terampil dengan keahlian tertentu sesuai dengan program keahlian yang dikembangkan di sekolah, untuk masuk dalam dunia usaha dan industri.

"Dan Prakerin adalah saat yang tepat untuk melatih diri menuju sebuah prestasi dan keberhasilan dalam mencapai sebuah target kesuksesan. Siswa/siswi yang mengikuti Prakerin harus berbangga dan mempersiapkan diri untuk masuk ke dalam dunia usaha dan industri nanti", tambahnya.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Siak Diana menerangkan, untuk Prakerin tahun ini terdiri dari 4 jurusan dengan jumlah siswa/i 89 orang yang terdiri dari Jurusan Akomodasi Perhotelan 20 orang, Jurusan Usaha Perjalanan Wisata 21 orang, Jurusan Patiseri 11 orang, dan Jurusan Busana Butik 37 orang. Adapun tempat siswa/siswi praktik kerja industri terdapat di 31 titik di dua daerah yakni di Siak dan Pekanbaru.

"Secara umum Prakerin bertujuan untuk membentuk profesionalitas calon tenaga kerja. Profesionalitas tenaga kerja mencakup tiga kompetensi, yaitu kompetensi profesional, personal, dan sosial. Ketiga kompetensi tersebut ingin diwujudkan melalui kegiatan Prakerin siswa SMK N 1 Siak" sebutnya.

Ditambahkannya, kegiatan Prakerin ini akan dilaksanakan oleh para siswa selama kurang lebih 3 bulan atau 90 hari proses belajar-mengajar. Terhitung mulai tanggal 9 Januari 2017 s/d 10 April 2017. Dan dirinya juga mengharapkan kepada para siswa-siswi SMKN 1 Siak yang akan melaksanakan Prakerin untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya. Sehingga dengan begitu, ilmu serta keahlian yang didapatkan selama Prakerin benar-benar bisa maksimal.   (***)




R24/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam