riau24 KPU : Pemberlakukan Suket di Pilwako Pekanbaru Hanya Untuk Satu Putaran | Berita Riau
Minggu, 22 Januari 2017

Pilwako Pekanbaru

KPU : Pemberlakukan Suket di Pilwako Pekanbaru Hanya Untuk Satu Putaran

0
Abdul Razak JER
Berita Riau -  KPU : Pemberlakukan Suket di Pilwako Pekanbaru Hanya Untuk Satu Putaran
Pekanbaru, Riau24.com- KPU Kota Pekanbaru memastikan pemilihan walikota (Pilwako) Pekanbaru tidak akan berlangsung dua putaran, melainkan satu putaran, sehingga penggunaan surat keterangan (Suket) hanya digunakan untuk satu putaran saja.


Suket adalah merupakan surat keterangan yang diberikan oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pekanbaru bagi masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP namun telah melakukan perekaman dan hendak memilih pada Pilwako 2017.

"Pilwako Pekanbaru, kita pastikan berlangsung satu putaran dan tidak ada dua putaran, ini artinya Suket hanya berlaku untuk satu putaran saja,"kata anggota KPU kota Pekanbaru Abdul Razak JER kepada Riau24.com di kantornya, 10 Januari 2017.

Razak sapaannya menjelaskan penerapan Suket di dua putaran ini memang diberlakukan di pilkada DKI Jakarta. Adapun alasanya jika calon yang dipilih oleh pemilih disana kurang dari 50 persen akan dilakukan dua putaran.

Sementara di Pekanbaru sendiri menurut dia tidaklah sama menerapkan itu. Menurut dia dibawah 50 persen pemilih atau diatas, siapa yang dapat suara terbanyak calon itu yang menang. Seperti halnya kota Medan.


"Jadi tidak ada dua putaran ,"tegasnya


Sementara untuk teknis pengguna suket ini, dia mengatakan pemegang suket hanya perlu memperlihatkan suket asli kepada petugas di TPS. Adapun biodata pemilih nantinya akan terekam di database KPUD.


"Kepala UPT kependudukan di Kemacetan juga boleh mengeluarkan suket ini, tapi instansi yang berwenang adalah disduckcapil sesuai dengan peraturan KPU no 566,"tutupnya (R24/iko).

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam