riau24 Ternyata Putra Asal Medan Ini Salah Satu Arsitek Pembangunan Riau | Berita Riau
Kamis, 30 Maret 2017

TAHUKAH ANDA

Ternyata Putra Asal Medan Ini Salah Satu Arsitek Pembangunan Riau

0
Kaharuddin Nasution
Berita Riau -  Ternyata Putra Asal Medan Ini Salah  Satu Arsitek Pembangunan Riau
Riau24.com- Nama Kaharuddin Nasution adalah nama yang sudah tak asing bagi masyarakat Sumatera Utara. Apalagi bagi mereka yang masih aktif dalam usia kerja antara tahun 1983-1988. Karena pada masa itu beliau adalah Gubenur Sumatera Utara.


Tapi apakah pria kelahiran Medan, 23 Juni 1925 ini juga pernah menjabat sebagai gubernur di Riau?. Yakin atau tidak, fakta berkata bahwa Kaharuddin Nasution yang sudah almarhum ini tanggal 25 September 1990 dalam usia 65 tahun pernah menjabat sebagai gubenur di Riau dari tahun 1960-1966. Dan salah satu hal besar yang menarik dari beliau dalam hubungannya dengan Riau adalah penggunaan nama stadion olahraga Kaharuddin Nasution. Fakta sejarah ini tertulis dalam buku Gubernur Riau dari Masa ke Masa.

Lalu bagaimana ceritanya Kaharuddin Nasution bisa menjadi gubenur Riau?.


Sebelum diangkat menjadi Gubenur Riau, ternyata Kaharuddin harus mengalami terlebih dahulu jadi anggota Batalyon Markas tertinggi Infanteri 303 yang sekarang disebut Setya Perlaya. Beliau menjadi pemimpin batalyon-nya pada group D. Hal ini dibentuk guna mempertahankan kemerdekaan RI dari macam serangan bak dari dalam maupun luar Negeri.


Setelah itu berlaku, kemudian beliau masuk korem 031/wirabima. Beliau masuk ke sini disebabkan adanya pemberontakan sebagian dari masyarakat Sumatera Barat dan Riau. Pemberontak ini menamakan dirinya "pemerintah revolusioner republik indonesia", disingkat PRRI.


Untuk mengatasi itu, maka dibentuklah komando operasi gabungan yang disebut "Tegas" yang dipimpin langsung oleh Kaharuddin Nasution. Operasi penumpasan PRRI ini akhirnya berhasil.

Dengan keberhasilan itu, dan dengan pertimbangan tertentu maka pada akhirnya Kaharuddin Nasution diangkat menjadi Gubenur Riau.(R24/iko)

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam