riau24 Kecelakaan Pesawat Karena Pilot Yang Bunuh Diri, Salah Satunya Terjadi di Indonesia | Berita Riau
Jumat, 28 Juli 2017

TAHUKAH ANDA

Kecelakaan Pesawat Karena Pilot Yang Bunuh Diri, Salah Satunya Terjadi di Indonesia

0
Kecelakaan Pesawat Karena Pilot Yang Bunuh Diri, Salah Satunya Terjadi di Indonesia
Berita Riau -  Kecelakaan Pesawat Karena Pilot Yang Bunuh Diri, Salah Satunya Terjadi di Indonesia
Riau24.com-Diantara beragam kendaraan angkutan umum baik darat, laut maupun udara, pesawat merupakan salah satu kendaraan angkutan umum yang paling banyak memakan korban jika terjadi kecelakaan.

Sangat jarang ditemukan, kasus kecelakaan pesawat yang menyisakan banyak korban yang selamat, acapkalu yang terjadi malah sebaliknya.

Bahkan banyak juga korban yang ditemukan tidak lagi bisa dikenali karena ikut terbakar saat pesawat alami ledakan besar. Atau Masih ingatkah tragedi Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang jatuh ke lautan beberapa tahun lalu?

Ya, kejadian yang membuat 239 orang meninggal dunia ini menyebabkan banyak ahli memberikan spekulasi-spekulasi tentang penyebab jatuhnya pesawat. Ada dugaan pesawat jatuh karena terkena cuaca buruk, namun ada juga yang mengatakan bahwa pesawat jatuh karena kesengajaan dari pilot.

Dari serangkaian kasus jatuhnya pesawat yang memakan banyak korban jiwa ternyata banyak juga yang terjadi akibat pilot sengaja bunuh diri. Dia ingin mengakhiri hidupnya namun orang lain justru dilibatkan di dalam situasi tidak menyenangkan ini. Berikut beberapa contoh dari kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh rogue pilot!

SilkAir Flight 185

Indonesia pernah menjadi TKP dari kecelakaan pesawat yang konon disebabkan oleh pilot yang melakukan bunuh diri. Pesawat itu SilkAir dengan penerbangan 185 dan akan membawa penumpang menuju Bandara Changi di Singapura. Sayangnya, saat melintasi kawasan Indonesia atau tepatnya di wilayah Palembang, kapal itu mendadak menaikkan kecepatan hingga tinggi lalu menukik mengenai Sungai Musi.

Pada kecelakaan ini setidaknya 104 orang meninggal dunia di tempat. Pihak penyelidik dari Indonesia mengatakan bahwa pesawat jatuh karena murni sebuah kecelakaan. Namun, pihak dari Amerika mengatakan bahwa pilot yang bernama Kapten Tsu Way Ming Sengaja bunuh diri dengan menaikkan kecepatan pesawat hingga tinggi. Tidak mungkin pesawat mendadak melakukan akselerasi jika tidak dilakukan oleh pilotnya.

LAM Mozambique Airlines Flight 470

Lam Mozambique Airlines Flight 470 dikendalikan oleh seorang Kapten bernama Herminio dos Santos Fernandes. Saat melakukan perjalanan dari Fevereiro Airport di Agola, pesawat mengalami kecelakaan yang teramat parah. Dari ketinggian 12.000 meter pesawat langsung menukik ke tanah dengan sangat kuat. Akibat kejadian ini setidaknya 33 penumpang langsung meninggal dengan keadaan yang mengenaskan.

Dari penyelidikan yang dilakukan oleh lembaga internasional, diduga pilot sengaja melakukan hal itu. Dia mengunci diri di dalam cockpit san melakukan tindakan mengerikan itu. Kecelakaan yang terjadi pada tahun 2013 silam ini menjadi kecelakaan pesawat terparah di kawasan itu sejak tahun 1970-an.

Germanwings Flight 9525

Pada tahun 2015 lalu, sebuah maskapai penerbangan di Jerman harus menanggung duka setelah kecelakaan pesawat yang ternyata dilakukan secara sengaja. Saat pilot dari Germanwings keluar dari cockpit untuk melakukan aktivitas lain, co-pilot justru melakukan tindakan yang mengerikan. Dia mengubah arah pesawat dan membuat burung besi ini meluncur dan menabrak kawasan pegunungan di Prancis.

Pada kejadian ini setidaknya 150 orang meninggal dunia secara instan. Pesawat pun hancur berkeping-keping hingga agak sulit untuk melakukan investigasi. Dari pengamatan yang dilakukan oleh investigator diperoleh sebuah fakta yang sangat mencengangkan. Jauh sebelum co-pilot mendapatkan lisensi terbang, dia sudah memiliki indikasi akan melakukan bunuh diri dengan cara yang telah dia wujudkan.

Japan Airlines Flight 350

Sepertinya gangguan mental masih menjadi salah satu penyebab utama dari bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pilot. Sebelum kecelakaan akibat bunuh diri terjadi di Jerman pada tahun 2015 silam, Jepang sudah mengalami kejadian mengerikan ini. Adalah Kapten Seiji Katagiri lah yang melakukan tindakan mematikan itu. Dia sengaja menubrukkan pesawatnya hingga menyebabkan 24 dari 166 penumpang mengalami kematian.

Seiji Katagiri diketahui mengalami gangguan kejiwaan sejak lama. Namun sesaat sebelum terbang dokter mengatakan kondisinya sedang baik. Tidak diduga, ternyata saat terbang gangguan jiwa dari Seiji Katagiri kambuh dan melakukan hal mengerikan. Oh ya, saat ini Seiji Katagiri sudah tidak dipenjara, dia hidup dengan istrinya di dekat Gunung Fuji yang sangat indah.

Inilah empat kecelakaan miris yang terjadi akibat pilot melakukan aksi bunuh diri ketika sedang mengendalikan sebuah pesawat. Semoga kejadian-kejadian mengerikan ini tidak terjadi lagi karena membunuh orang tidak bersalah karena alasan pribadi adalah tindakan yang mengerikan!

R24/ntg

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru