riau24 Pemkab Tetapkan Status Darurat ISPU di Pelalawan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kabut Asap Makin Tebal, Kondisi Udara Kian Tak Sehat

Pemkab Tetapkan Status Darurat ISPU di Pelalawan

0
Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten pelalawan Kian pekat
Berita Riau -  Pemkab Tetapkan Status Darurat ISPU di Pelalawan
Pelalawan-Riau24.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menteapkan status darurat ISPU di Pelalawan, mengingat semakin parahnya kabut asap menyelimuti wilayah ini.

Sebagai dampak dari semakin tebal dan pekatnya kabut asap menyebabkan proses pendidikan di kabupaten Pelalawan menjadi lumpuh total sejak dua minggu terakhir ini. Untuk itu, Pemkab Pelalawan akan segera mendirikan pos pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pernyataan itu diungkapkan Bupati Pelalawan HM Harris kepada Riau24.com Senin (14/9/2015) di Pangkalan Kerinci.

Menurut Bupati, pada hari ini Pemkab sedang memproses peningkatan status darurat ISPU di Pelalawan dengan membuka sejumlah pos pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berobat karena terserang penyakit seperti ISPA akibat bencana kabut asap yang melanda Pelalawan.

”Karena kondisi ISPU di Pelalawan terus meningkat sehingga kondisi kesehatan udara di Pelalawan semakin tidak sehat sekarang ini, kita pemkab Pelalawan sudah berkoordinasi dengan Pemprov Riau. Dari hasil arahan Pemprov Riau tersebut, status ISPA akan ditingkatkan menjadi darurat," tegas Bupati Pelalawan.

Jadi dengan ditingkatkan status Ispu di Pelalawan menjadi darurat, sebut HM Harris, sehingga sesuai arahan dari Pemprov Pemkab Pelalawan akan secepatnya memproses status untuk ditingkatkan menjadi darurat ISPU sekaligus segera membuka pos-pos pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat yang terserang penyakit sebagai dampak dari kabut asap tebal dan pekat.

"Pada hari ini juga akan kita proses peningkatan status menjadi darurat ISPU di Pelalawan. Hal itu kita lakukan sebagai tindak lanjut dan tentunya dengan membuka sejumlah pos pelayanan kesehatan untuk masyarakat nantinya," terang Bupati.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran Daerah (BPBPKD) Pelalawan, Hadi Penandio kepada media mengungkapkan bahwa terkait terjadinya peningkatan status ISPU oleh Pemkab Pelalawan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Pelalawan berkaitan dengan penyiapan segala sesuatunya akibat peningkatan status tersebut.

"Untuk tahap awal, kita akan membuka dua Pos pelayanan kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang mau berobat. Untuk proses mendirikan pos-pos pelayanan kesehatan itu, kita akan bekerja sama dengan Diskes. Kita akan buka dua pos layanan kesehatan di depan Ramayana dan lokasi KM 55 di Jalan Lintas Timur di Pangkalan Kerinci,” terangnya.

Terkait proses pendidikan di setiap sekolah semua jenjang sejak dua minggu terakhir ini menjadi Lumpuh disebabkan semakin meningkatnya ketebalan kondisi kabut asap menyelimuti kabupaten Pelalawan sehingga pihak Pemkab Pelalawan melalui instruksi Bupati Pelalawan terpaksa terus neliburkan semua pelajar yang ada di jajaran Disdik Pelalawan dan di jajaran Kemenag hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Terkait hal itu, Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis kepada Riau24.com tadi siang mengatakan bahwa dengan kondisi kabut asap yang semakin tebal dan pekat Pemkab Pelalawan tidak bisa berbuat apa-apa kecuali dengan terus meliburkan para pelajar sampai kabut asap berkurang.

”Kita memang terpaksa memperpanjang libur sekolah sampai kondisi kabut asap berkurang guna menjaga kesehatan para pelajar itu sendiri,” ujarnya. R24/mrd/suhemri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru