riau24 Kabut Asap Menyerang Singapura, Warga: Mau Mati Rasanya | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Kabut Asap Menyerang Singapura, Warga: Mau Mati Rasanya

0
Foto: Rebecca
Berita Riau -  Kabut Asap Menyerang Singapura, Warga: Mau Mati Rasanya

Jakarta-Riau24.com - Darurat asap sedang terjadi di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun, darurat asap itu tidak hanya melanda Indonesia. Negara tetangga Singapura juga terkena dampaknya.

Salah satu warga Indonesia yang tinggal di Singapura, Rebecca Soselisa, menceritakan kondisi udara di Singapura, Senin (14/9/2015), sangatlah buruk akibat asap. Jarak pandang akibat asap sangatlah buruk kalau siang hari, dan asap tersebut membuat pernapasan warga terganggu.

"Mau mati rasanya kalau napas sesak," ujar Rebecca saat berbincang dengan detikcom, Senin (14/9/2015).

Echa, sapaan Rebecca, menceritakan, kabut asap mulai menyelimuti Singapura sejak Minggu (13/9) malam. "Kalau tadi pagi tidak terlalu parah. Nah, pas siang parah banget," tambahnya.

Echa juga menceritakan, buruknya udara Singapura akibat asap membuat beberapa warga mengenakan masker. Dikarenakan bau dari asap yang sangat mengganggu.

"Baunya nggak tahan. Mata juga perih," terangnya.

Warga lain yang tinggal di Singapura pun ramai-ramai mengeluhkan asap tersebut. Mereka menuliskan kekesalannya di media sosial seperti Twitter.

Salah satunya akun @Kymmie yang menuliskan 'Indonesia, please take this haze back. Appreciate the thought but please TAKE IT BACK'.

Diketahui, kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan melanda pulau Sumatera dan Kalimantan. Ada 5 wilayah yang terdampak kabut asap pekat, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua hari ini, Senin (14/9) pukul 05.00 WIB, hotspot di Sumatera ada 1.143 titik yaitu di Bengkulu 13, Jambi 234, Lampung 69, Riau 78, Sumbar 25, dan Sumsel 724. Sedangkan hotspot di Kalimantan ada 266 titik yaitu Kalbar 26, Kalsel 74, Kalteng 164, dan Kaltim 2.

Akibat kabut asap ini, jarak pandang menjadi terbatas. Dijelaskan Sutopo, secara umum di Sumatera Selatan, Jambi dan Riau jarak pandang 80-800 meter.

"Di Pekanbaru 200 meter, Rengat 70 meter, Dumai dan Pelalawan 50 meter, Jambi 700 meter, Palembang 800 meter," kata Sutopo.  

R24/noe/detik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam